PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DESA PUSEURJAYA KABUPATEN KARAWANG SEBAGAI DAMPAK PEMBANGUNAN KAWASAN INDUSTRI


Kholisul Irfan Ramadhani, 3601416035 (2020) PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DESA PUSEURJAYA KABUPATEN KARAWANG SEBAGAI DAMPAK PEMBANGUNAN KAWASAN INDUSTRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DESA PUSEURJAYA KABUPATEN KARAWANG SEBAGAI DAMPAK  PEMBANGUNAN KAWASAN INDUSTRI] PDF (PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DESA PUSEURJAYA KABUPATEN KARAWANG SEBAGAI DAMPAK PEMBANGUNAN KAWASAN INDUSTRI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan negara maritim dan terdapat banyak pulau, kebudayaan, ras, suku, dan bermacam-macam agama di dalam Indonesia. Terdapat 264 juta jiwa atau 3,49% (dari total populasi dunia) penduduk yang tinggal di Indonesia, bukan hal yang aneh lagi ketika kita masyarakat Indonesia mendengar perubahan sosial masyarakat yang terjadi di lingkungan masyarakat kita karena bangsa Indonesia merupakan bangsa yang multikultural dan plural maka dari itu perubahan sosial masyarakat akan terus terjadi di dalam masyarakat Indonesia. Penelitian ini berfokus pada: (1) Perubahan-perubahan sosial ekonomi yang terjadi di Desa Puseurjaya; (2) Dampak sosial dari pembangunan kawasan industri di Desa Puseurjaya; (3) Cara masyarakat Desa Puseurjaya dalam menerima perubahan sosial ekonomi yang terjadi; (4) Manfaat mempelajari perubahan sosial ekonomi di Desa Puseurjaya sebagai dampak pembangunan kawasan industri dalam pembelajaran IPS.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Serta dianalisis dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat perubahan sosial ekonomi meliputi fasilitas umum, usaha perdagangan, dan jenis pekerjaan, (2) Perubahan sosial ekonomi memiliki dampak yaitu dampak positif dan dampak negatif, (3) Masyarakat Desa Puseurjaya memiliki cara dalam menghadapi perubahan sosial ekonomi dengan cara berdiam diri atau memberontak, (4) Manfaat untuk pembelajaran IPS siswa menjadi mengetahui contoh yang nyata mengenai perubahan sosial ekonomi dan mengetahui apa yang dilakukan ketika fenomena tersebut terjadi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perubahan Sosial Masyarakat, Kawasan Industri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Social Behavior
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:19
Last Modified: 26 Aug 2021 04:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44668

Actions (login required)

View Item View Item