PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR IPS DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING DI MTs S SULTAN AGUNG SRAT


Nurul Army Octaviani, 3601416020 (2020) PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR IPS DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING DI MTs S SULTAN AGUNG SRAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR IPS DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING DI MTs S SULTAN AGUNG SRAT] PDF (PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR IPS DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING DI MTs S SULTAN AGUNG SRAT) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Belajar merupakan kewajiban bagi seluruh manusia terutama peserta didik yang sedang dalam masa sekolah. Pembelajaran berbasis potensi daerah tercermin dalam peraturan pemerintah dalam kurikulum 2013, dimana peserta didik harus mampu mengaitkan pengetahuan dengan seluruh aspek kehidupan. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui sumber belajar IPS yang digunakan dalam proses pembelajaran daring di sekolah sesuai dengan kurikulum darurat yang berlaku di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Uji validitas dalam penelitian menggunakan triangulasi dan teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dilakukan secara daring berpedoman pada kurikulum darurat dan penggunaan rencana pelaksanaan pembelajaran satu lembar akibat dari adanya pandemic covid-19. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru memanfaatkan buku paket IPS dan buklet pariwisata Pantai Menganti sebagai sumber belajar IPS. Fokus materi dalam penelitian ini adalah materi sumber daya alam dan kemaritiman. Adapun output dari pembelajaran tersebut berupa rangkuman materi potensi sumber daya alam dan kemaritiman. Terdapat beberapa kendala yang ditemukan guru selama proses pembelajaran terutama dalam bidang sarana dan prasarana pembelajaran yang disebabkan karena adanya pembelajaran daring. Kendala tersebut diantaranya minimnya sumber belajar dan terbatasnya media pembelajaran seperti HP, Kuota, dan Jaringan Internet yang digunakan dan dimiliki oleh peserta didik. Kesimpulan dari penelitian menunjukan bahwa pembelajaran yang dilakukan secara daring disebabkan oleh adanya wabah covid-19 di Indonesia sehingga mengakibatkan bertambahnya permasalahan di sekolah yang berkaitan dengan sarana dan prasarana sekolah maupun sumber belajar disekolah. Saran dari peneliti yaitu tambahkan lagi potensi yang dimiliki oleh daerah sekitar untuk dijadikan sebagai sumber belajar sehingga sarana pembelajaran seperti sumber belajar lebih bervariasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sumber Belajar IPS, Pembelajaran Daring
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:14
Last Modified: 26 Aug 2021 04:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44665

Actions (login required)

View Item View Item