ANALISIS SUMBER PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DI KOTA SALATIGA (Studi Empiris pada Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Salatiga Tahun Anggaran 2013 – 2018)


Nanik Fitriyani, 7211415139 (2020) ANALISIS SUMBER PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DI KOTA SALATIGA (Studi Empiris pada Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Salatiga Tahun Anggaran 2013 – 2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS SUMBER PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DI KOTA SALATIGA (Studi Empiris pada Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Salatiga Tahun Anggaran 2013 – 2018)] PDF (ANALISIS SUMBER PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DI KOTA SALATIGA (Studi Empiris pada Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Salatiga Tahun Anggaran 2013 – 2018)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan penerimaan daerah yang berasal dari potensi daerah yaitu pajak daerah, retribusi daerah, hasil kekayaan daerah yang dipisahkan serta lain-lain PAD yang sah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kontribusi, efektivitas, elastisitas, rasio pertumbuhan dan trend dari masing-masing komponen PAD Kota Salatiga tahun anggaran 2013-2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu rasio kontribusi, rasio efektivitas, rasio pertumbuhan, rasio elastisitas dan analisis trend. Data penelitian berupa data sekunder yang diperoleh dengan menggunakan metode studi lapangan dan studi pustaka. Populasi penelitian ini adalah seluruh data dari Laporan Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Laporan Realisasi Pajak Daerah, Retribusi Daerah, dan Laba Badan Usaha Milik Darerah (BUMD) Kota Salatiga selama periode tahun 2013 sampai 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pajak daerah merupakan sumber PAD dengan kontribusi tertinggi. (2) Retribusi daerah merupakan sumber PAD dengan tingkat efektivitas penerimaan tertinggi. (3) Hasil kekayaan daerah yang dipisahkan merupakan komponen PAD yang memiliki rata-rata rasio pertumbuhan tertinggi. (4) ) Penerimaan sumber-sumber PAD dimasa mendatang akan memiliki tren tingkat pertumbuhan yang fluktuatif. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu sumber-sumber PAD di Kota Salatiga memiliki pengaruh signifikansi yang berbeda-beda terhadap PAD, dan memiliki tingkat kontribusi yang berbeda-beda terhadap PAD, akan tetapi sumber-sumber PAD sangat berpotensi meningkat dengan cepat disetiap tahunnya. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan periode tahun penelitian, kemudian menambahkan objek penelitian, sehingga penelitian berikutnya tidak terbatas pada satu daerah dan hasil yang didapat mampu menggambarkan potensi PAD yang lebih baik dan akurat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Hasil Kekayaan Daerah Yang Dipisahkan, Pendapatan Asli Daerah (PAD)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Aug 2021 05:55
Last Modified: 26 Aug 2021 05:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44664

Actions (login required)

View Item View Item