PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL PADA PERILAKU KERJA INOVATIF DENGAN MOTIVASI INTRINSIK SEBAGAI PEMEDIASI (Studi pada Dosen Universitas Negeri Semarang)


Sugianti, 7311416181 (2020) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL PADA PERILAKU KERJA INOVATIF DENGAN MOTIVASI INTRINSIK SEBAGAI PEMEDIASI (Studi pada Dosen Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL PADA PERILAKU KERJA INOVATIF DENGAN MOTIVASI INTRINSIK SEBAGAI PEMEDIASI (Studi pada Dosen Universitas Negeri Semarang)] PDF (PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL PADA PERILAKU KERJA INOVATIF DENGAN MOTIVASI INTRINSIK SEBAGAI PEMEDIASI (Studi pada Dosen Universitas Negeri Semarang)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku kerja inovatif merupakan kemampuan seorang karyawan untuk mengembangkan dan mengaplikasikan ide-ide kreatif yang telah diciptakan, baik berupa kebaharuan produk/jasa, teknis, teknologi, sistem atau cara, dan prosedur yang memberikan manfaat baru untuk kelompok maupun organisasi. Perilaku kerja inovatif dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kepemimpinan transformasional, kepemimpinan transaksional, dan motivasi intrinsik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mediasi motivasi intrinsik dalam hubungan antara kepemimpinan transformasional dan kepemimpinan transaksional pada perilaku kerja inovatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu dosen di Perguruan Tinggi Negeri Universitas Negeri Semarang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik proportionate random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 120 dosen. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan alat analisis berupa SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh signifikan pada perilaku kerja inovatif dan tidak signifikan pada motivasi intrinsik, sedangkan kepemimpinan transaksional tidak memiliki pengaruh signifikan pada perilaku kerja inovatif namun signifikan pada motivasi intrinsik. Namun, ketika dimediasi oleh motivasi intrinsik, kepemimpinan transformasional tidak memiliki pengaruh signifikan pada perilaku kerja inovatif dan kepemimpinan transaksional berpengaruh signifikan pada perilaku kerja inovatif. Simpulan dari penelitian ini yaitu kepemimpinan transformasional dapat meningkatkan perilaku kerja inovatif secara langsung, namun tidak melalui mediasi motivasi intrinsik. Sedangkan, kepemimpinan transaksional dapat meningkatkan perilaku kerja inovatif hanya ketika melalui mediasi motivasi intrinsik. Saran untuk dosen agar lebih antusias terhadap reward yang diberikan oleh pimpinan unit kerja. Selain itu, saran untuk pimpinan unit kerja agar lebih tegas terhadap dosen yang memiliki kinerja di bawah standar dan lebih mengenali kebutuhan motivasi masing-masing dosen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Kepemimpinan Transaksional, Perilaku Kerja Inovatif, Motivasi Intrinsik
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:17
Last Modified: 26 Aug 2021 04:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44661

Actions (login required)

View Item View Item