PENGARUH PEMANFATAAN SMARTPHONE DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS


Meigawati, 3601416019 (2020) PENGARUH PEMANFATAAN SMARTPHONE DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PEMANFATAAN SMARTPHONE DAN DISIPLIN BELAJAR  TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS] PDF (PENGARUH PEMANFATAAN SMARTPHONE DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perolehan hasil belajar dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Pemanfaatan smartphone menjadi salah satu faktor eksternal berkaitan dengan teknologi dan fasilitas dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan disiplin belajar termasuk dalam kelompok faktor internal tentang bagaimana sikap dan kebiasaan belajar yang tumbuh dari dalam diri peserta didik. Pemanfaatan smartphone dan disiplin belajar menjadi dua faktor yang menunjang kegiatan pembelajaran terlebih di masa pandemi yang beberapa bulan ini mewabah sehingga banyak sekolah melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh pemanfaatan smartphone terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kalibagor, (2) untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kalibagor, (3) mengetahui pengaruh pemanfaatan smartphone dan disiplin belajar secara bersama�sama terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kalibagor. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi yang dilakukan di SMP Negeri 1 Kalibagor. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelasVIII SMP Negeri 1 Kalibagor yang berjumlah 224 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan jumlah 70 responden. Teknik pengambilan data dilakukan menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Pengujian instrumen dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, analisis regresi sederhana, dan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pemanfaatan smartphone terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kalibagor dengan nilai thitung > nilai ttabel (4,168 > 1,667); (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kalibagor dengan dibuktikannya nilai thitung > ttabel (8,509 > 1,667); (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan smartphone dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kalibagor berdasarkan pada hasil uji F dengan nilai Fhitung > Ftabel (37,414 > 3,13). Pemanfaatan smartphone dan disiplin belajar secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPS sebesar 52,8% dan sisanya 47,2% dipengaruhi oleh variabel atau faktor yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, Hasil Belajar IPS, Pemanfaatan Smartphone
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:06
Last Modified: 26 Aug 2021 04:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44660

Actions (login required)

View Item View Item