KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI DENGAN MODEL BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN MOBILE LEARNING DITINJAU DARI SELF-CONCEPT


Achika Nor Kusyaini, 4101416124 (2020) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI DENGAN MODEL BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN MOBILE LEARNING DITINJAU DARI SELF-CONCEPT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI DENGAN MODEL BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN MOBILE LEARNING DITINJAU DARI SELF-CONCEPT] PDF (KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI DENGAN MODEL BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN MOBILE LEARNING DITINJAU DARI SELF-CONCEPT) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI dengan penerapan model pembelajaran Brain-Based Learning berbantuan mobile learning di kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional di kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan mix methods. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas XI SMA Negeri 09 Semarang dengan sampel kelas XI MIPA 05 dan MIPA 06. Dipilih 6 siswa sebagai subjek penelitian. Data diambil dengan observasi, tes, angket dan wawancara. Kemudian dianalisis dengan uji ketuntasan belajar klasikal dan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah 1) Brain-Based Learning efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa; dan 2) Deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa sesuai dengan kelompok self-concept yang dimiliki: (1) Kelompok Confidence Self-Concept (CSC), siswa CSC Rendah belum mampu pada pola komunikasi menulis dan mengekspresi secara matematis, siswa ECS Sedang belum mampu pada pola komunikasi mengekspresi secara matematis, siswa ESC Tinggi memenuhi tiga pola komunikasi matematis yaitu menulis secara matematis; melukis secara matematis; mengeksprsi secara matematis (2) Kelompok Effort Self-Concept (ESC), siswa ESC rendah belum mampu pada semua pola komunikasi matematis. Siswa ESC sedang memenuhi 2 pola komunikasi matematis. Siswa ESC Tinggi mampu memenuhi semua pola komunikasi matematis. Berdasarkan kategori self-concept disarankan ketika proses pembelajaran Brain-Based Learning berbantuan mobile learning guru perlu memperhatikan self-concept siswa yang berbeda-beda. Guru harus kebih mengenal siswa yang memiliki karakter berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Matematis, Brain-Based Learning, Mobile Learning, Self-Concept.
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:07
Last Modified: 26 Aug 2021 04:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44659

Actions (login required)

View Item View Item