FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FINANCIAL DISTRESS DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Food And Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)


Okti Lestari, 7211416071 (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FINANCIAL DISTRESS DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Food And Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FINANCIAL DISTRESS DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Food And Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)] PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FINANCIAL DISTRESS DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Food And Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kebangkrutan merupakan masalah terbesar bagi suatu perusahaan, oleh karena itu perusahaan dituntut untuk dapat melakukan berbagai analisis tentang kebangkrutan sedini mungkin. Analisis kebangkrutan dilakukan agar perusahaan mengetahui peringatan awal mengenai kebangkrutan, sehingga sekecil apapun masalah yang akan menimbulkan kebangkrutan dapat ditangani secepatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahu pengaruh likuiditas, leverage dan sales growth terhadap financial distress dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi pada perusahaan manufaktur sub sektor food and beverage. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014- 2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposiv sampling sehingga diperoleh sampel 13 perusahaan atau sebanyak 65 unit analisa. Hipotesis penelitian ini diuji menggunakan analisis deskriptif, asumsi klasik dan Moderating Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh langsung dari variabel likuiditas terhadap financial distress. Sedangakn variabel leverage dan sales growth tidak berpengaruh signifikan terhadap financial distress. Variabel profitabilitas mampu memoderasi hubungan antara leverage terhadap financial distress dan hubungan antara sales growth terhadap financial distress. sedangkan profitabilitas tidak mampu memoderasi hubungan antara likuiditas terhadap financial distress. Saran yang dapat diberikan adalah sebaiknya perusahaan meningkatkan pertumbuhan penjualan agar profitabilitas meningkat sehingga perusahaan terhindar dari kesulitan keuangan. Penelitian selanjutnya menggunakan periode yang lebih lama dari penulis dan memilih sampel yang lebih banyak dari penulis. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan variabel independen selain likuiditas, leverage dan sales growth contohnya ukuran perusahaan dan kepemilikan manajerial.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Financial Distress, Likuiditas, Leverage, Sales Growth, Profitabilitas.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 26 Aug 2021 03:54
Last Modified: 26 Aug 2021 03:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44647

Actions (login required)

View Item View Item