(ABSTRAK) Pengaruh Multimedia Audio Visual sebagai Penyuluhan Interaktif dalam Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Siswa SMP Negeri 2 Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2010.


Nesia Permatasari, 6450406082 (2010) (ABSTRAK) Pengaruh Multimedia Audio Visual sebagai Penyuluhan Interaktif dalam Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Siswa SMP Negeri 2 Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) Pengaruh Multimedia Audio Visual sebagai Penyuluhan Interaktif dalam Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Siswa SMP Negeri 2 Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2010.]
Preview
PDF ((ABSTRAK) Pengaruh Multimedia Audio Visual sebagai Penyuluhan Interaktif dalam Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Siswa SMP Negeri 2 Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2010.) - Published Version
Download (442kB) | Preview

Abstract

Kurangnya pengetahuan kesehatan reproduksi remaja dapat ditingkatkan dengan melakukan pendidikan kesehatan reproduksi remaja. Salah satu upaya tersebut adalah dengan menggunakan multimedia audio visual sebagai penyuluhan interaktif. Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah multimedia audio visual sebagai penyuluhan interaktif mempunyai pengaruh dalam meningkatan pengetahuan kesehatan reproduksi siswa SMP N 2 Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2010.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah multimedia audio visual sebagai penyuluhan interaktif mempunyai pengaruh dalam meningkatan pengetahuan kesehatan reproduksi siswa SMP N 2 Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2010. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan Control-Group Pretest-Posttest-Design. Populasi berjumlah 312 siswa. Sampel berjumlah 76 siswa yang diperoleh dengan metode quota sampling. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kontrol, yang masing-masing berjumlah 38 responden. Instrumen yang digunakan berupa multimedia Audio Visual sebagai Penyuluhan Interaktif dan kuesioner. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan t-test berpasangan dan t-test tidak berpasangan. Pada kelompok eksperimen terdapat perbedaan pengetahuan kesehatan reproduksi siswa SMP antara pre-test dan post-test , karena nilai p (0,001<0,05). Namun pada kelompok kontrol, tidak terdapat perbedaan pengetahuan kesehatan reproduksi siswa SMP antara pre-test dan post-test, karena nilai p 0,149 > 0,05. Berdasarkan hasil analisis t-test tidak berpasangan terdapat perbedaan antara pre-test dan post-test kelompok eksperimen dan kontrol diperoleh nilai p (0,001)<0,05. Kesimpulannya adalah Multimedia Audio Visual sebagai Penyuluhan Interaktif mempunyai pengaruh dalam meningkatkan pengetahuan kesehatan reproduksi siswa SMP Negeri 2 Wonosegoro tahun 2010. Maka saran yang diajukan adalah kepada pihak sekolah hendaknya memberikan mata pelajaran atau ekstrakulikuler khusus tentang kesehatan terutama masalah kesehatan reproduksi, bagi DKK Boyolali hendaknya dijadikan bahan kajian dalam menentukan kebijakan penyuluhan yang dapat dilakukan dengan menggunakan multimedia audio visual sebagai penyuluhan interaktif untuk meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi, bagi DISDIKPORA Boyolali hendaknya memasukkan materi pendidikan dan penyuluhan kesehatan ke dalam kurikulum khusus terutama materi tentang kesehatan reproduksi, bagi peneliti lanjutan hendaknya meneliti perbedaan tingkat pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dengan media lain, bagi Jurusan IKM hendaknya lebih meningkatkan keterampilan mahasiswa IKM dalam membuat media promosi kesehatan yang lebih inovatif. ----------------------------------------------------> Lack of adolescent reproduction health knowledge can be improved by conducting such kind of adolescent reproduction health education. One of the efforts is by using visual audio multimedia as an interactive counseling. The problem in this research is whether the visual audio multimedia as an interactive counseling has an influence in increasing the reproduction health knowledge of students in SMPN 2 Wonosegoro, Boyolali regency 2010. The type of this study is sham experiment with Control-Group Pretest-Posttest- Design approach. The population is 312 students. For the sampling are 76 students that are obtained by quantum sampling method. The sampling is divided into two groups, experiment group and control group. Each of them contains of 38 responders. The instrument which is used is visual audio multimedia as an interactive counseling and questionnaire. The data which are obtained in this research are analyzed by paired t-test and independent t-test. There is a difference of knowledge of junior high school reproduction health in the experiment group between pre-test and post-test, because the value p (0,001<0,05). But there is no difference in the control group between pre-test and post-test, because the value p 0,149>0,05. Based on the uncouple t-test analysis, there is a difference between pre-test and post-test. From the experiment group and control group can be obtained value p (0,001)<0,05. The conclusion is that visual audio multimedia as an interactive counseling has an influence in increasing the knowledge of reproduction health for the students in SMP N 2 Wonosegoro year 2010. So the suggestion is that the school should give a lesson or perhaps an extra lesson about health, especially about reproduction health. DKK Boyolali should make it as a study in deciding the counseling regulation that can be done by using visual audio multimedia as an interactive counseling in increasing the knowledge of reproduction health. DISDIKPORA should enter this material into the special curriculum especially about reproduction health. The continuation researcher should research the difference of knowledge level about reproduction health by using other media. The IKM should increase the skill of IKM students in making the more innovative health promotion media.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Pengetahuan Kesehatan Reproduksi dan Siswa SMP. Multimedia, reproduction health knowledge and Junior high school students.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2011 03:17
Last Modified: 23 Sep 2011 03:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4464

Actions (login required)

View Item View Item