PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, AKTIVITAS, DAN KOMISARIS INDEPENDEN TERHADAP FINANCIAL DISTRESS YANG DIMODERASI OLEH UKURAN PERUSAHAAN


Maulia Hasna Sabilla, 7211416171 (2020) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, AKTIVITAS, DAN KOMISARIS INDEPENDEN TERHADAP FINANCIAL DISTRESS YANG DIMODERASI OLEH UKURAN PERUSAHAAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, AKTIVITAS, DAN KOMISARIS INDEPENDEN TERHADAP FINANCIAL DISTRESS YANG DIMODERASI OLEH UKURAN PERUSAHAAN] PDF (PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, AKTIVITAS, DAN KOMISARIS INDEPENDEN TERHADAP FINANCIAL DISTRESS YANG DIMODERASI OLEH UKURAN PERUSAHAAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Financial distress merupakan tahap penurunan kondisi perusahaan ditandai dengan penurunan pendapatan sehingga nilai aset menurun dan perusahaan tidak dapat memenuhi kewajibannya. Kondisi financial distress dapat menjadi kebangkrutan apabila perusahaan tidak bertindak cepat dan tepat, sehingga akan merugikan berbagai pihak. Perusahaan perlu menghindari kondisi ini dengan cara melakukan deteksi melalui analisis laporan keuangan dan diukur dari komponen Coorporate Governance. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh profitabilitas, leverage, aktivitas, dan komisaris independen terhadap financial distress yang dimoderasi oleh ukuran perusahaan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, diperoleh sampel sebanyak 39 perusahaan dan ditemukan data outlier sebanyak 8 pengamatan sehingga diperoleh 148 unit analisis sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan profitabilitas dan aktivitas memiliki pengaruh positif terhadap financial distress. Sedangkan leverage dan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap financial distress. Variabel ukuran perusahaan mampu memoderasi pengaruh leverage dan aktivitas terhadap financial distress. Sedangkan ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi pengaruh profitabilitas dan komisaris independen terhadap financial distress. Penelitian selanjutnya supaya menambahkan variabel rasio keuangan yang lain, menggunakan komponen Coorporate Governance selain komisaris independen, atau variabel dari eksternal perusahaan. Perusahaan dan investor supaya memperhatikan rasio keuangan terutama profitabilitas, leverage, aktivitas, dan ukuran perusahaan untuk mendeteksi kondisi perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Financial distress; profitabilitas; leverage; aktivitas; komisaris independen; ukuran perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Aug 2021 03:36
Last Modified: 26 Aug 2021 03:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44639

Actions (login required)

View Item View Item