KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMP KELAS VII PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL KNISLEY BERBANTUAN WHATSAPP DAN SUPLEMEN BUKU AJAR


Dian Kartika Putri, 4101416038 (2020) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMP KELAS VII PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL KNISLEY BERBANTUAN WHATSAPP DAN SUPLEMEN BUKU AJAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMP KELAS VII PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL KNISLEY BERBANTUAN WHATSAPP DAN SUPLEMEN BUKU AJAR] PDF (KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMP KELAS VII PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL KNISLEY BERBANTUAN WHATSAPP DAN SUPLEMEN BUKU AJAR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis perlu ditingkatkan agar siswa dapat menyelesaikan permasalahan matematika dengan baik. Pada kenyataannya, kemampuan komunikasi matematis peserta didik masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pembelajaran model Knisley berbantuan WhatsApp dan suplemen buku ajar efektif pada pencapaian kemampuan komunikasi matematis peserta didik; (2) untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik berdasarkan kemandirian belajar pada pembelajaran model Knisley berbantuan WhatsApp dan suplemen buku ajar. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods dengan quasi-experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah Pangkalan Bun tahun pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dengan teknik probability sampling dan penentuan subjek dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian adalah pembelajaran model Knisley berbantuan WhatsApp dan suplemen buku ajar efektif pada pencapaian kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Deskripsi kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan kemandirian kategori tinggi sangat baik dalam memenuhi 6 indikator kemampuan komunikasi matematis, yaitu memberikan jawaban yang runtut disertai gambar dan alasan yang logis. Deskripsi kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan kemandirian kategori sedang memenuhi 5 indikator kemampuan komunikasi matematis, kekurangannya hanya belum mampu membuat gambar yang relevan dengan soal. Deskripsi kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan kemandirian kategori rendah hanya mampu memenuhi 2 indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu subjek mampu menjawab semua soal dan menuliskan simbol-simbol matematika. Pada 4 indikator kemampuan komunikasi matematis yang lain, peserta didik dengan kemandirian rendah kurang mampu memahami dengan baik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemandirian Belajar, Knisley, WhatsApp, Suplemen Buku Ajar.
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 Aug 2021 03:17
Last Modified: 26 Aug 2021 03:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44631

Actions (login required)

View Item View Item