DETERMINAN KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN DI PROVINSI PAPUA TAHUN 2013-2018


Rohmatullah, 7111416076 (2020) DETERMINAN KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN DI PROVINSI PAPUA TAHUN 2013-2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DETERMINAN KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN DI PROVINSI PAPUA TAHUN 2013-2018] PDF (DETERMINAN KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN DI PROVINSI PAPUA TAHUN 2013-2018) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Provinsi Papua merupakan salah satu provinsi yang memiliki angka indeks gini tertinggi di Indonesia dan diatas rata-rata nasional, sementara nilai indeks entropi theil Provinsi Papua selalu mengalami kenaikan setiap tahunya, artinya ketimpangan pendapatan di Provinsi Papua lebih parah dari Indonesia. Hal tersebut merupakan masalah serius karena akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap ketimpangan distribusi pendapatan di Provinsi Papua. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan data panel yaitu kombinasi time series dan cross section yang diuji dengan metode analisis regresi Fixed Effect dengan menggunakan metode Ordinary Least Square (OLS). Pengujian secara parsial digunakan uji t-Statistik dan pengujian secara serempak digunakan uji F-statistik, dimana pengujian tersebut menggunakan alat bantu program Eviews 9.0. Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website Badan Pusat Statistik Provinsi Papua dan Direktorat Jendral Perimbangan Keuangan (DJPK) tahun 2013-2018. Variabel penelitian ini adalah ketimpangan pendapatan, pertumbuhan ekonomi, tingkat kemiskinan, indeks pembangunan manusia, dana alokasi umum dan belanja modal kabupaten/ kota. Hasil dari penelitian ini adalah variabel pertumbuhan ekonomi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Indeks Entropi Theil, variabel tingkat kemiskinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap indeks entropi theil, variabel indeks pembangunan manusia berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Indeks Entropi Theil, variabel dana alokasi umum kabupaten/kota berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Indeks Entropi Theil, dan variabel belanja modal berpengaruh negative dan signifikan terhadap indeks entropi theil. Secara simultan seluruh variabel independen berpengaruh terhadap Indeks Entropi Theil di Provinsi Papua. Koefisien determinasi R2 sebesar 0.8982 menunjukkan bahwa variabel independen yang diteliti mampu menjelaskan pengaruhnya sebesar 89,82% terhadap variabel dependen, sedangkan sisanya sebesar 10,18% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukan pada penelitian. Saran dari hasil penelitian ini adalah (1) Pemerintah dapat lebih meningkatkan pemeratan pembangunan infrastruktur, secara komprehensif atau luas dan lengkap. (2) Mengembangkan sektor pertanian yang dapat menunjang pertumbuhan ekonomi di wilayah pedesaan,. (3) Meningkatkan mutu pendidikan di semua Kabupaten/kota seperti sarana dan prasarana yang masih kurang memadahi. (4) Pemanfaatkan dana alokasi umum secara maksimal dan tepat sasaran. (5) Pengalokasian belanja modal lebih merata diseluruh daerah dalam pelaksanaan pembangunan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ketimpangan Distribusi Pendapatan, Pertumbuhan Ekonomi , Tingkat Kemiskinan, Indeks Pembangunan Manusia, Dana Alokasi Umum dan Belanja Modal Kabupaten/ Kota.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 26 Aug 2021 03:36
Last Modified: 26 Aug 2021 03:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44626

Actions (login required)

View Item View Item