PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN LEVERAGE TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI DENGAN RISIKO LITIGASI SEBAGAI PEMODERASI (Studi Empiris: Prusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018)


Lusiana Setiyaningrum, 7211416152 (2020) PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN LEVERAGE TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI DENGAN RISIKO LITIGASI SEBAGAI PEMODERASI (Studi Empiris: Prusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN LEVERAGE TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI DENGAN RISIKO LITIGASI SEBAGAI PEMODERASI (Studi Empiris: Prusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018)] PDF (PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN LEVERAGE TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI DENGAN RISIKO LITIGASI SEBAGAI PEMODERASI (Studi Empiris: Prusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan leverage terhadap konservatisme akuntansi dengan risiko litigasi sebagai pemoderasi. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan populasi seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2018. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan sampel dan diperoleh 34 perusahaan. Unit analisis sampel untuk tahun 2016-2018 sebanyak 102 unit analisis, dengan data outlier sebanyak 17 sehingga jumlah sampel menjadi 85 unit analisis. Metode analisis data penelitian ini yaitu moderated regression analysis (MRA). Pengujian hipotesis menggunakan program SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial kepemilikan manajerial berpengaruh negatif terhadap konservatisme akuntansi, sedangkan kepemilikan institusional dan leverage tidak berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi. Hasil uji pengaruh moderating menunjukkan bahwa risiko litigasi dapat memoderasi hubungan antara kepemilikan manajerial terhadap konservatisme akuntansi, sedangkan risiko litigasi tidak dapat memoderasi hubungan antara kepemilikan institusional dan leverage terhadap konservatisme akuntansi. Simpulan dari penelitian ini adalah variabel kepemilikan manajerial berpengaruh negatif terhadap konservatisme akuntansi dan risiko litigasi dapat memoderasi hubungan antara kepemilikan manajerial terhadap konservatisme akuntansi. Saran untuk penelitian selanjutnya agar mempertimbangkan variabel lain selain variabel dalam penelitian ini, memperluas populasi dan sampel pengamatan dengan menggunakan bidang industri lain selain sektor manufaktur, serta menggunakan pengukuran konservatisme lain. Saran bagi perusahaan untuk meningkatkan penerapan konservatisme akuntansi, hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi dana kreditor yang dipinjam sehingga dapat mengurangi tindakan ekspropriasi manajer yang berlebihan terhadap dana perusahaan, dan meningkatkan kebijakan investasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konservatisme Akuntansi, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Leverage, Risiko Litigasi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Aug 2021 03:10
Last Modified: 26 Aug 2021 03:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44619

Actions (login required)

View Item View Item