PENERAPAN ALAT EVALUASI ONLINE QUIZIZZ BERPENDEKATAN STEM UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN MENGANALISIS DAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK SMP


Seyla Anggraeni, 4001416062 (2020) PENERAPAN ALAT EVALUASI ONLINE QUIZIZZ BERPENDEKATAN STEM UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN MENGANALISIS DAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN ALAT EVALUASI ONLINE QUIZIZZ BERPENDEKATAN STEM UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN MENGANALISIS DAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK SMP] PDF (PENERAPAN ALAT EVALUASI ONLINE QUIZIZZ BERPENDEKATAN STEM UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN MENGANALISIS DAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK SMP) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Peserta didik pada era globalisasi harus memiliki keterampilan tambahan seperti keterampilan menganalisis dan literasi digital untuk dapat mengikuti perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan menganalisis dan literasi digital peserta didik dengan menggunakan alat evaliuasi online Quizizz berpendekatan STEM. Penelitian ini adalah preeksperimental dengan desain penelitian one shoot case study. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Kesatrian 1 Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan sampel sejumlah 30 peserta didik. Instrumen disusun dengan melihat indikator dari setiap variabel sehingga diperoleh kisi-kisi yang akan digunakan sebagai rubrik penilaian untuk pengambilan data. Instrumen penelitian ini meliputi lembar tes kemampuan menganalisis berpendekatan STEM, lembar angket literasi digital dan lembar tanggapan peserta didik terhadap alat evaluasi. Hasil penelitian menunjukan profil kemampuan menganalisis dari 30 peserta didik secara klasikal yaitu 73,33% peserta didik masuk kategori sedang dan terendah 20% peserta didik masuk kategori rendah. Kemampuan menganalisis peserta didik berdasarkan indikator yang tertinggi yaitu indikator mengorganisasikan 56,66% dan terendah indikator mengatribusikan 45,16%. Kemampuan menganalisis peserta didik dilihat berdasarkan aspek STEM yaitu Science 42,11%, Technology 69,66%, Engineering 39,66%, Mathematic 36%. Hasil analisis angket literasi digital memperoleh persentase rata-rata 71,6%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menganalisis peserta didik di SMP Kesatrian 1 Semarang masuk dalam kategori sedang dan literasi digital peserta didik SMP Kesatrian 1 Semarang menggunakan aplikasi Quizizz masuk dalam kategori bai

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Alat evaluasi, Quizizz, STEM, Kemampuan menganalisis, Literasi Digital
Subjects: L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 Aug 2021 02:53
Last Modified: 26 Aug 2021 02:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44618

Actions (login required)

View Item View Item