ANALISIS MODEL-MODEL PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN OLEH GURU IPS DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL


Panggih Nugroho Wicaksono, 3601415045 (2020) ANALISIS MODEL-MODEL PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN OLEH GURU IPS DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3601415045 - p n w.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran IPS pada tingkat sekolah menengah pertama harus dilakukan sesuai dengan kurikulum 2013 yang mengharuskan peserta didik mampu berfikir secara kreatif. Dengan demikian seorang guru IPS harus mampu menganalisis model pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar peserta didik sehingga pemikiran kreatif pada peserta didik dapat terbangun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis guru dalam menentukan model pembelajaran IPS yang inovatif. Metode yang digunakan berupa metode kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari informan, hasil pengamatan, dan dokumentasi. Alat dan teknik pengumpulan data adalah, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru IPS di SMPN 1 Sukorejo dan SMPN 2 Sukorejo menggunakan model pembelajaran discovery learning, sedangkan guru IPS di SMPN 3 Sukorejo menggunakan model pembelajaran ceramah bervariasi, (2) guru melakukan implementasi sesuai dengan model pembelajaran yang telah dianalisis, dan dalam proses implementasi terdapat kendala yang dialami oleh guru dan peserta didik, (3) guru melakukan refleksi terhadap model pembelajaran dengan melihat keaktifan peserta didik dan hasil nilai ulangan. Lalu guru melakukan perbaikan model pembelajaran IPS dengan diskusi sesama guru, menggunakan model tutor sebaya, memanfaatkan teknologi, dan referensi buku dari berbagai sumber.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Guru, Hakikat Mata Pelajaran IPS, Model Pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > teacher competence
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Aug 2021 02:40
Last Modified: 26 Aug 2021 02:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44610

Actions (login required)

View Item View Item