PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DI KELAS V SDN 02 BULUNGKULON KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS


ARISMI KUWATI, 1402908076 (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DI KELAS V SDN 02 BULUNGKULON KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DI KELAS V SDN 02 BULUNGKULON KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DI KELAS V SDN 02 BULUNGKULON KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS) - Published Version
Download (893kB) | Preview

Abstract

Kenyataan yang ada dikelas V SDN Bulungkulon selama semester I pengusaan materi masih rendah. Hal ini peneliti melakukan tindakan dengan penerapan model jigsaw sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini, (1) Bagaimanakah aktivitas siswa kelas V SDN 02 Bulungkulon Kec Jekulo Kab Kudus dalam pembelajaran IPA menggunakan Model kooperatif tipe jigsaw?, (2) Bagaimanakah aktivitas guru di kelas V SDN 02 Bulungkulon Kec Jekulo Kab Kudus?, (3) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SDN 02 Bulungkulon Kec Jekulo Kab Kudus?, (4) Bagaimanakah respon siswa kelas V SDN 02 Bulungkulon Kec Jekulo Kab Kudus dalam pembelajaran IPA menggunakan model kooperatif tipe jigsaw?, (5) Bagaimanakah respon guru kelas V SDN 02 Bulungkulon Kec Jekulo Kab kudus dalam pembelajaran IPA menggunakan model kooperatif tipe jigsaw?. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bulungkulon Kec Jekulo Kab Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai rata-rata hasil prestasi belajar mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata perolehan hasil belajar IPA sebesar 65 dan persentase ketuntasan 50%, pada siklus II nilai rata-rata perolehan IPA sebesar 82 dan persentase ketuntasan 77%, dan pada siklus III nilai rata-rata perolehan IPA sebesar 83 dan persentase ketuntasan 87%. Pada observasi aktivitas siswa selalu megalami peningkatan persentase dari siklus I hingga siklus III. Pada siklus I rata-rata persentase 67% siklus II 76% siklus III 98%. Demikian juga dengan hasil observasi aktivitas guru mengalami peningkatan disetiap siklus. Pada siklus I diketahui penilian hasil observasi aktivitas guru sebesar 39, siklus II sebesar 43 , dan siklus III sebesar 47 . Respon siswa siklus I 73% siklus II 80% siklus 87%. Respon guru sangat baik terlihat siklus I-III guru berusaha dan aktif mencari sumber-sumber lain sebagai penunjang pembelajaran IPA. Sehingga dapat diartikan bahwa penerapan model kooperatif tipe jigsaw sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar siswa bidang studi IPA Di Kelas V SDN 02 Bulungkulon Kec Jekulo Kab Kudus. Dari hasil penelitan diperoleh simpulan bahwa penerapan model kooperatif tipe jigsaw sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar IPA Di Kelas V SDN 02 Bulungkulon Kec Jekulo Kab Kudus. Disarankan dapat dimanfaatkan sebagai masukan atau bahan pertimbangan guru khususnya pada mata pelajaran IPA bahwa pembelajaran model jigsaw perlu dikembangkan dan diterapkan, karena pembelajaran tersebut dapat meningkatkan keaktivan siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2011 03:13
Last Modified: 25 Apr 2015 05:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4461

Actions (login required)

View Item View Item