PEMBELAJARAN IPS PADA SMP NEGERI SE-KECAMATAN BANGSRI TAHUN AJARAN 2019/2020


Hadziratul Qudsiyah, 3601415015 (2020) PEMBELAJARAN IPS PADA SMP NEGERI SE-KECAMATAN BANGSRI TAHUN AJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN IPS PADA SMP NEGERI  SE-KECAMATAN BANGSRI TAHUN AJARAN 2019/2020] PDF (PEMBELAJARAN IPS PADA SMP NEGERI SE-KECAMATAN BANGSRI TAHUN AJARAN 2019/2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum memiliki kebijakan yang berbeda, kurikulum yang berlaku saat ini yaitu Kurikulum 2013 (K13). Pembelajaran IPS diterapkan untuk jenjang SMP dimana pelajaran IPS terdiri dari bidang ekonomi, sejarah, sosiologi dan geografi, diajarkan oleh 1 orang guru saja. Latar belakang pendidikan guru IPS yang umumnya berasal dari satu jurusan saja seperti halnya lulusan dari jurusan sejarah, namun dalam penerapannya harus mengajar empat mata pelajaran di SMP yaitu sejarah, geografi, ekonomi dan sosiologi yang tergabung dalam satu mata pelajaran yaitu IPS menjadi tantangan bagi para guru IPS. Kemungkinan pula guru dalam mengajar IPS menjadi kurang maksimal karena guru tidak memiliki latar belakang untuk mempelajari mata pelajaran tersebut. Hal itu mengharuskan guru untuk mempelajari lagi mata pelajaran lainnya di luar jurusannya yang tergabung dalam mata pelajaran IPS. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengkaji tentang pembelajaran IPS khususnya di SMP Negeri Se�Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Tujuan dari penelitian ini: (1) mengetahui pemahaman guru pada materi pembelajaran IPS di SMP Negeri Se-Kecamatan Bangsri, (2) untuk mengetahui kesesuaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran IPS di SMP Negeri Se-Kecamatan Bangsri, (3) mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMP Negeri Se-Kecamatan Bangsri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Guru IPS, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan juga siswa di SMP Negeri Se-Kecamatan Bangsri. Teknik pengumpulan data (1) observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Data penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif meliputi reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru IPS di SMP Negeri Se-Kecamatan Bangsri sudah dapat mengintegrasikan materi pembelajaran IPS dengan cukup baik meskipun masih terdapat beberapa kendala dalam pembelajaran. Kesesuaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran IPS di SMP Negeri Se-kecamatan Bangsri sudah sesuai dengan RPP dan Silabus yang digunakan. Kegiatan evaluasi pembelajaran IPS di SMP Negeri Se-Kecamatan Bangsri sudah dilakukan sesuai dengan kriteria penilaian dalam kurikulum 2013. Saran dalam penelitian ini sebaiknya dalam pelaksanaan pembelajaran IPS itu lebih variatif dan menarik untuk siswa di SMP Negeri Se-Kecamatan Bangsri sesuai dengan Kurikulum 2013 sehingga tidak monoton. Guru juga perlu mengembangkan pembelajaran IPS dengan persiapan yang matang dalam setiap pertemuan tatap muka di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, IPS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Social Behavior
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Aug 2021 02:29
Last Modified: 26 Aug 2021 02:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44609

Actions (login required)

View Item View Item