PENGEMBANGAN MEDIA SCIENCE FUN LEARNING MATERI LAPISAN BUMI UNTUK MENGINISIASI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP


Putri Nur Maharani, 4001416038 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA SCIENCE FUN LEARNING MATERI LAPISAN BUMI UNTUK MENGINISIASI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA SCIENCE FUN LEARNING  MATERI LAPISAN BUMI UNTUK MENGINISIASI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA SCIENCE FUN LEARNING MATERI LAPISAN BUMI UNTUK MENGINISIASI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik, validitas, dan kemampuan media Science Fun Learning materi lapisan bumi dalam menginisiasi motivasi belajar peserta didik SMP. Desain penelitian ini adalah Reseach and Development (R&D). Analisis potensi dan masalah dilihat dari rendahnya motivasi belajar dan kurangnya inovasi media pembelajaran materi lapisan bumi di SMP N 8 Semarang. Pada penelitian ini dikembangkan media pembelajaran interaktif pada materi lapisan bumi dalam bentuk digital untuk menginisiasi motivasi belajar peserta didik. Science Fun Learning divalidasi oleh 5 validator pada masing-masing aspek media dan materi. Science Fun Learning dinyatakan sangat valid dengan rata-rata validasi yaitu 93,40% dari ahli media dan 94,06% dari ahli materi. Kemudian dilakukan uji coba untuk mengetahui keterbacaan media. Hasil penilaian keterbacaan media yaitu 78,13% peserta didik memberikan penilaian dengan kriteria sangat baik dan 21,88% dengan kriteria baik. Kemampuan Science Fun Learning dalam menginisiasi motivasi belajar dinyatakan sangat baik dengan skor rata-rata 100% oleh ahli media dan 95,00% oleh ahli materi. Berdasarkan uraian tersebut disimpulkan bahwa Science Fun Learning valid untuk digunakan sebagai media dalam kegiatan pembelajaran dan mampu menginisiasi motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Science Fun Learning, Lapisan Bumi, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 Aug 2021 02:25
Last Modified: 26 Aug 2021 02:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44607

Actions (login required)

View Item View Item