STRATEGI ADAPTASI PETANI TEMBAKAU DI TEMANGGUNG, JAWA TENGAH DALAM MENGHADAPI KEBIJAKAN PENGENDALIAN ROKOK NASIONAL


Herlinata Mawarnitya S, 3401416074 (2020) STRATEGI ADAPTASI PETANI TEMBAKAU DI TEMANGGUNG, JAWA TENGAH DALAM MENGHADAPI KEBIJAKAN PENGENDALIAN ROKOK NASIONAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRATEGI ADAPTASI PETANI TEMBAKAU DI  TEMANGGUNG, JAWA TENGAH DALAM MENGHADAPI KEBIJAKAN PENGENDALIAN ROKOK NASIONAL] PDF (STRATEGI ADAPTASI PETANI TEMBAKAU DI TEMANGGUNG, JAWA TENGAH DALAM MENGHADAPI KEBIJAKAN PENGENDALIAN ROKOK NASIONAL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah pusat dan kementrian kesehatan mengeluarkan kebijakan pengendalian rokok hal ini dilakukan untuk mengurangi dampak negatif akibat rokok. Kebijakan yang dikeluarkan pemerintah ini didukung pemerhati kesehatan namun disisi lain bagi masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari rokok merasa dirugikan. Tidak lain petani tembakau di Temanggung merasakan dampak tidak baik dari kebijakan ini karena tembakau merupakan bahan dasar dari pembuatan rokok. Penelitian ini bertujuan 1) Pandangan petani tembakau di Temanggung dengan adanya kebijakan pengendalian rokok nasional, 2) strategi adaptasi petani tembakau di Temanggung dalam terhadap kebijakan pengendalian rokok nasional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis data deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi non partisipatoris, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi yang dilakukan 2 Desember-10 Desember 2019, kemudian 2 Juni-17 Juni 2020, dan 20 September�27 September 2020. Penelitian dilakukan secara bertahap dan menyesuaikan waktu dengan informan. Hasil penelitian didapatkan 1) pandangan petani tembakau di Temanggung dengan kebijakan tersebut kurang setuju karena dengan dikeluarkannya aturan itu memang menguntungkan satu bagian masyarakat yang menginginkan agar rokok tidak diproduksi karena masalah kesehatan, namun merugikan pihak lain seperti halnya petani yang sudah sejak lama hidup dari hasil tembakau. Sehingga petani merasa pemerintah dalam mengeluarkan kebijakan tidak melihat aspek lain yang akan dirugikan. 2) strategi adaptasi yang dilakukan petani tembakau di Temanggung ini telah dilakukan petani dengan adanya kebijakan pengendalian rokok nasional. strategi yang dilakukan dari melakukan musyawarah dengan pemerintah sampai melakukan demonstrasi, selain itu petani juga melakukan strategi nafkah ganda dan teknik tumpang sari sehingga dapat meminimalisir kerugian yang diakibatkan karena hasil panen tembakau harga jualnya menurun dan permintaan yang turun. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah petani membangun komunikasi dengan pemerintah dan swasta agar dapat mempertahankan komoditas unggulannya tanpa harus khawatir akan kebijakan yang merugikan. Serta pemerintah untuk melindungi masyarakat secara keseluruhan tanpa ada yang dirugikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan, petani tembakau, strategi adaptasi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Aug 2021 02:16
Last Modified: 26 Aug 2021 02:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44604

Actions (login required)

View Item View Item