DESAIN GUIDED INQUIRY DIPADUKAN DENGAN PICTURE AND PICTURE MENGGUNAKAN ANIMAL CARD UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA


Wahyuni Krismasari, 4001416024 (2020) DESAIN GUIDED INQUIRY DIPADUKAN DENGAN PICTURE AND PICTURE MENGGUNAKAN ANIMAL CARD UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DESAIN GUIDED INQUIRY DIPADUKAN DENGAN PICTURE AND PICTURE MENGGUNAKAN ANIMAL CARD UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA] PDF (DESAIN GUIDED INQUIRY DIPADUKAN DENGAN PICTURE AND PICTURE MENGGUNAKAN ANIMAL CARD UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui desain Guided Inquiry dipadukan dengan Picture and Picture menggunakan Animal Card dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RND) modifikasi dari Sugiyono. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas VII E dan 16 siswa kelas VII G di SMP Negeri 2 Mertoyudan Magelang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, observasi, dan tes. Data kreativitas siswa didapat dari hasil pengamatan menggunakan lembar observasi kreativitas siswa. Tes digunakan untuk mendapatkan hasil pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis kelayakan produk buku panduan, analisis keterbacaan siswa, analisis kreativitas siswa, analisis hasil belajar kognitif siswa, dan Uji N-Gain. Hasil analisis validasi ahli materi sebesar 88,3% termasuk dalam kriteria sangat layak dan validasi ahli media sebesar 86,4% termasuk dalam kriteria sangat layak. Hasil analisis uji skala kecil dengan memberikan angket keterbacaan siswa terhadap LKS sebesar 72,5% termasuk dalam kriteria baik dan hasil angket keterbacaan siswa terhadap soal evaluasi materi interaksi makhluk hidup sebesar 67,6% termasuk dalam kriteria baik. Uji coba skala besar dilakukan dalam satu kelas secara daring menggunakan aplikasi WhatsApps dan Edmodo untuk mengetahui data kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa. Analisis uji N-Gain pada kreativitas siswa sebesar 0,5 termasuk dalam kriteria sedang. Analisis uji N-Gain pada hasil belajar kognitif siswa sebesar 0,41 termasuk dalam kriteria sedang. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dengan menggunakan desain Guided Inquiry dipadukan dengan Picture and Picture menggunakan Animal Card dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guided Inquiry, Picture and Picture, media Animal Card, Kreativitas Siswa, Hasil Belajar Kognitif
Subjects: L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 Aug 2021 02:12
Last Modified: 26 Aug 2021 02:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44602

Actions (login required)

View Item View Item