IMPLEMENTASI BLENDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMP


Siti Nursholiah, 4001416005 (2020) IMPLEMENTASI BLENDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI BLENDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMP] PDF (IMPLEMENTASI BLENDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMP) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Nursholiah, Siti. 2020. Implementasi Blended Discovery Learning Berbantuan Emodul untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP. Skripsi IPA Terpadu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Dr. Parmin, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan literasi sains siswa SMP Islam Plus (IP) Al Banjari Blora dalam penerapan model pembelajaran blended discovery learning berbantuan e-modul pada materi lapisan bumi. Jenis penelitian ini quasi experimental dengan rancangan nonequivalent control group design menggunakan purposive sampling. Kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari nilai pretest dan posttest serta lembar angket sikap sains. Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan hasil analisis yaitu terdapat perbedaan peningkatan literasi sains pada siswa yang menerapkan model pembelajaran blended discovery learning berbantuan e-modul lebih tinggi dan signifikan dengan nilai N-gain 0,40 dalam kategori sedang pada aspek pengetahuan sains dan 0,37 pada aspek kompetensi sains. Nilai N-gain kelas eksperimen yang lebih tinggi dan signifikan dari kelas kontrol terdapat pada aspek pengetahuan, kompetensi dan sikap sains dan nilai N-gain kelas eksperimen yang tidak lebih tinggi dan signifikan dari kelas kontrol terdapat pada indikator pengetahuan konten, pengetahuan prosedural, menjelaskan fenomena ilmiah, menginterprestasikan data dan bukti ilmiah dan merefleksikan pentingnya sains dalam perspektif pribadi. Jadi penerapan model pembelajaran blended discovery learning berbantuan e-modul merupakan salah satu solusi dalam meningkatkan literasi sains siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: blended discovery learning, E-modul, literasi sains
Subjects: L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 Aug 2021 02:03
Last Modified: 26 Aug 2021 02:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44597

Actions (login required)

View Item View Item