KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI TEKANAN ZAT


Ervita Anindia, 4001416001 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI TEKANAN ZAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI TEKANAN ZAT] PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI TEKANAN ZAT) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar dan Keterampilan Proses Sains (KPS) yang masih rendah khususnya pada materi fisika diantaranya disebabkan kurangnya variasi model pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik untuk mempresentasi ulang konsep yang sama dalam beberapa format yang berbeda-beda (Multiple Representation). Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran flipped classroom berbasis multiple representastion untuk meningkatkan hasil belajar dan KPS peserta didik pada materi tekanan zat. Desain penelitian yang digunakan yaitu classical experimental design. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling dari populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Semarang tahun ajaran 2019/2020. Data hasil belajar diambil menggunakan metode tes, sedangkan KPS menggunakan metode tes dan observasi . Uji pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbasis multiple representation menggunakan analisis product moment menunjukkan adanya perbedaan. N-gain atau peningkatan hasil belajar dan KPS yaitu 0,44 yang termasuk ke dalam kategori sedang. Uji perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis menggunakan uji beda dengan paired sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran flipped classroom berbasis multiple representastion efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan KPS peserta didik pada materi tekanan zat, namun tidak terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: flipped classroom, hasil belajar, keterampilan proses sains, multiple representation.
Subjects: L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 Aug 2021 01:55
Last Modified: 26 Aug 2021 01:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44591

Actions (login required)

View Item View Item