PERAN GRUP WHATSAPP SEBAGAI MEDIA INTERAKSI SOSIAL ANTARA GURU KELAS DAN ORANGTUA SISWA (STUDI KASUS DI SD NEGERI 1 NGELO, KECAMATAN CEPU, KABUPATEN BLORA)


Arsena Nosa Ariyanti, 3401416061 (2020) PERAN GRUP WHATSAPP SEBAGAI MEDIA INTERAKSI SOSIAL ANTARA GURU KELAS DAN ORANGTUA SISWA (STUDI KASUS DI SD NEGERI 1 NGELO, KECAMATAN CEPU, KABUPATEN BLORA). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN GRUP WHATSAPP SEBAGAI MEDIA INTERAKSI SOSIAL  ANTARA GURU KELAS DAN ORANGTUA SISWA] PDF (PERAN GRUP WHATSAPP SEBAGAI MEDIA INTERAKSI SOSIAL ANTARA GURU KELAS DAN ORANGTUA SISWA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Keberadaan media sosial pada saat ini sangat berpengaruh dalam kehidupan, salah satunya dalam proses interaksi sosial. Grup whatsapp merupakan salah salah satu media sosial yang digunakan Guru kelas dan Orangtua siswa sebagai media interaksi sosial di SD Negeri 1 Ngelo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Mengetahui peran grup whatsapp sebagai media interaksi sosial antara guru kelas dan orangtua di SD Negeri 1 Ngelo. (2) Mengetahui penggunaan grup whatsapp pada kelas rendah (1,2,3) dan kelas tinggi (1,2,3) di SD Negeri 1 Ngelo. (3) Hambatan dan upaya mengatasi hambatan penggunaan grup whatsapp sebgai media interaksi sosial antara guru kelas dan orangtua siswa di SD Negeri 1. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian di SD Negeri 1 Ngelo Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora. Informasi diperoleh dari kepala sekolah, guru kelas, dan orangtua siswa SD Negeri 1 Ngelo. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Validitas data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Teknik Validitas data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Peran grup whatsapp sebagai media interaksi sosial adalah memudahkan proses komunikasi dan interaksi antara keduanya, sebagai kebutuhan pada masa pandemi covid-19. (2) Terdapat beberapa perbedaan dalam penggunaan whatsapp pada kelas rendah dan kelas tinggi khususnya pada penggunaan sebagai media pembelajaran pada masa covid-19. (3) Terdapat beberapa hambatan dari penggunaan grup whatsapp. Respon guru yang kurang cepat dalam menjawab pertanyaan orangtua siswa dan bahasa yang disampaikan terlalu berat. Selain itu beberapa orangtua tidak aktif berpendapat dalam grup dan konflik yang terjadi antar orangtua siswa. Menggunakan cara lain untuk memperlancar proses interaksi sosial seperti personal chat dan datang kerumah orangtua siswa atau menitip pesan ke orangtua siswa lainnya jika ingin menyampaikan informasi. Saran bagi guru dan orangtua siswa agar lebih menghidupkan diskusi di dalam grup whatsapp. Orangtua siswa juga harus aktif berpendapat jika terdapat suatu informasi yang perlu didiskusikan secara bersama didalam grup whatsapp, selain itu juga saling menjaga ketertiban dan kenyamanan anggota grup

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran, Grup Whatsapp, Interaksi Sosial
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 26 Aug 2021 01:47
Last Modified: 26 Aug 2021 01:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44590

Actions (login required)

View Item View Item