PERAN PERKUMPULAN RUMAH GARUDA DALAM PENDIDIKAN NASIONALISME PADA ANAK-ANAK DI BANTUL YOGYAKARTA


Fajar Sujudi, 3301416075 (2020) PERAN PERKUMPULAN RUMAH GARUDA DALAM PENDIDIKAN NASIONALISME PADA ANAK-ANAK DI BANTUL YOGYAKARTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN PERKUMPULAN RUMAH GARUDA DALAM PENDIDIKAN NASIONALISME PADA ANAK-ANAK DI BANTUL YOGYAKARTA] PDF (PERAN PERKUMPULAN RUMAH GARUDA DALAM PENDIDIKAN NASIONALISME PADA ANAK-ANAK DI BANTUL YOGYAKARTA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Sujudi, Fajar. 2020. Peran Perkumpulan Rumah Garuda dalam Pendidikan Nasionalisme Pada Anak-Anak di Bantul Yogyakarta. Skripsi. Jurusan Politik dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Drs. Setiajid, M.Si. 211 Halaman. Kata Kunci: Rumah Garuda, Pendidikan Nasionalisme. Indonesia saat ini mengalami krisis nasionalisme, terutama dalam hal kepedulian terhadap lambang negara Garuda Pancasila. Hal tersebut terjadi karena kurangnya pemahaman sejarah kebangsaan yang menjadikan masyarakat lupa akan arti penting Garuda Pancasila. Rumah Garuda sebagai perkumpulan berbadan hukum hadir untuk menjawab permasalahan tersebut, sebagai pusat studi garuda secara umum dan Garuda Pancasila sebagai Lambang Negara Republik Indonesia, Rumah Garuda mengemasnya dalam pendidikan nasionalisme. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana peran Rumah Garuda dalam pendidikan nasionalisme pada anak-anak di Bantul Yogyakarta serta bagaimana hambatan dalam pendidikan nasionalisme di Rumah Garuda Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Fokus penelitian yaitu peran perkumpulan Rumah Garuda dalam memberikan pendidikan nasionalisme pada anak-anak dan juga faktor penghambat dalam pendidikan nasionalisme. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rumah Garuda mengemas sebuah pendidikan nasionalisme untuk menangani krisis nasionalisme, dengan mengajarkan anak-anak untuk memahami makna dan arti penting Garuda Pancasila sehingga muncul kepedulian untuk senantiasa menjaga martabat Garuda Pancasila sebagai lambang negara Indonesia. Rumah Garuda memiliki media edukasi yang beragam, diantaranya Kamus Lipat, Kerambol KPK, Wayang Pulau, Puzzel Garuda, Kostum Gardala, dan pernak pernik garuda lainnya seperti lukisan, alat musik tradisional, foto-foto Garuda Pancasila, Patung Garuda Pancasila, melukis garuda di telur, menonton film, miniatur garuda, dan bukubuku bacaan. Media edukasi tersebut mampu menarik minat anak-anak untuk belajar tentang Garuda Pancasila. (2) Hambatan dalam Rumah Garuda terbagi menjadi dua: yaitu pertama, hambatan internal berupa status kepemilikan rumah, dana, keterbatasan kapasitas ruangan. Kedua, hambatan eksternal yaitu durasi yang diberikan oleh pengunjung. Saran yang diberikan penulis adalah: (1) Untuk Rumah Garuda, perlu adanya ajuan ke dinas setempat guna mendapatkan bantuan pendanaan. (2) Untuk tenaga bantu, perlu dibuat struktur kepengurusan, dan membuat jadwal piket.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Rumah Garuda, Pendidikan Nasionalisme.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
L Education > L Education (General) > National Exams
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: setyarini unnes
Date Deposited: 25 Aug 2021 14:44
Last Modified: 25 Aug 2021 14:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44587

Actions (login required)

View Item View Item