Pengembangan Labware (Laboratorium Courseware) dengan memanfaatkan Microcomputer Based Laboratory (MBL) dan Macromedia Authorware 7.0 pada praktikum pengisian dan pengosongan kapasitor
Dewi Lusianingrum, 2006 (2006) Pengembangan Labware (Laboratorium Courseware) dengan memanfaatkan Microcomputer Based Laboratory (MBL) dan Macromedia Authorware 7.0 pada praktikum pengisian dan pengosongan kapasitor. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pengembangan Labware (Laboratorium Courseware) dengan memanfaatkan Microcomputer Based Laboratory (MBL) dan Macromedia Authorware 7.0 pada praktikum pengisian dan pengosongan kapasitor)
- Published Version
Download (21kB) | Preview |
Abstract
Dewi Lusianingrum. 2006. Pengembangan Labware (Laboratorium Courseware) dengan memanfaatkan Microcomputer Based Laboratory (MBL) dan Macromedia Authorware 7.0 pada praktikum pengisian dan pengosongan kapasitor. Skripsi. Jurusan Fisika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Drs. Susilo, M.S, II: Drs. Sunyoto Eko. N Tulisan ini bertujuan mengembangkan Labware (Laboratorium Courseware) dengan memanfaatkan Microcomputer Based Laboratory (MBL) dan Macromedia Authorware 7.0 pada praktikum pengisian dan pengosongan kapasitor. Pada saat ini Laboratorium Fisika Unnes memiliki satu unit MBL buatan Pasco Scientific. Jumlah ini dirasa hanya memadai untuk tujuan penelitian terutama untuk mengembangkan perangkat lunak pendidikannya, namun untuk tujuan pembelajaran praktikum kelompok atau kelas jumlah belum memadai. Jadi keberadaan MBL di Laboratorium Fisika Unnes belum dimanfaatkan secara maksimal. karena hampir setiap praktikum masih dilakukan secara konvensional. MBL merupakan sebuah sistem kerja laboratorium yang menggunakan komputer sebagai alat pengumpul (acquisition), pengolah (processing) dan penganalisis (analysis) data. Software yang digunakan dalam MBL adalah program Science Workshop. Macromedia authorware 7.0 merupakan software yang digunakan untuk membuat tampilan labware. Untuk mengukur baik tidaknya labware tersebut digunakan metode checklist yang dilakukan oleh peneliti serta angket manual yang disebarkan kepada mahasiswa program studi Pendidikan Fisika semester 4 kelas A sebanyak 28 orang. Labware ini dikemas dalam bentuk paket yang terdiri dari sejumlah framework. Dalam tampilan labware yang dikembangkan dilengkapi dengan hiperteks, teks, grafis, video dan suara. Dengan teknik hiperteks pemakai sangat mudah dalam mengakses informasi tentang menu yang dipilih atau perlu diketahui secara mendalam. Disamping itu juga terdapat tombol-tombol menu atau ikon-ikon tetap yang dapat digunakan oleh pemakai untuk mempermudah dalam menjelajah isi labware Dengan pengembangan labware ini dihasilkan kriteria pendidikan 79% termasuk dalam kriteria baik, kriteria kualitas tampilan program 79% termasuk dalam kriteria baik, kriteria kulitas teknis 82% termasuk dalam kriteria baik dan kriteria pemahaman materi 80% termasuk dalam kriteria baik, sehingga secara keseluruhan labware ini dalam kriteria baik yaitu 80%. Dengan demikian, labware pembelajaran fisika pada praktikum pengisian dan pengosongan kapasitor ini layak digunakan sebagai alternatif informasi belajar fisika.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Labware, Microcomputer Based Laboratory, Macromedia Authorware 7.0, praktikum pengisian dan pengosongan kapasitor. |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 23 Sep 2011 03:04 |
Last Modified: | 23 Sep 2011 03:04 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4458 |
Actions (login required)
View Item |