PEMBUATAN MODUL SPESIFIKASI DAN KARAKTERISTIK KAYU KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB) SMK NEGERI 5 SEMARANG


Isna Dina Jamila, 5101416032 (2021) PEMBUATAN MODUL SPESIFIKASI DAN KARAKTERISTIK KAYU KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB) SMK NEGERI 5 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBUATAN MODUL SPESIFIKASI DAN KARAKTERISTIK KAYU KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB) SMK NEGERI 5 SEMARANG] PDF (PEMBUATAN MODUL SPESIFIKASI DAN KARAKTERISTIK KAYU KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB) SMK NEGERI 5 SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Mata pelajaran Desain Kontruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah merupakan salah satu mata pelajaran kompetensi keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) pada jenjang SMK. Pada Kurikulum 13 (K13) siswa dituntut untuk lebih mandiri dan tidak tergantung pada guru. Namun buku-buku untuk menunjang kurikulum ini masih kurang sehingga sistem pembelajaran belum berjalan maksimal. Dengan adanya modul spesifikasi dan karakteristik kayu dapat membantu siswa untuk belajar mandiri dan pelaksanaan kurikulum dapat berjalan maksimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1)Bagaimana cara pembuatan modul Spesifikasi dan (2)Karakteristik Kayu dan pendapat siswa terhadap modul Spesifikasi dan Karakteristik Kayu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam pengambilan data, peneliti menggunakan instrumen kuisioner/angket.. Pengujian dilakukan kepada 1 dosen ahli materi, 1 Guru pengampu mata pelajaran Dasar-dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah, 2 dosen ahli media serta para siswa. Hasil dari penelitian terhadap modul (1)oleh Ahli materi mendapatkan presentase akhir rata-rata 90.83% (Sangat layak), sedangkan penilaian dari ahli media terhadap modul memperoleh presentase rata-rata akhir 99.50% (Sangat layak), dan (2)presentase rata-rata pendapat Siswa terhadap modul 85.64 (Sangat baik). Berdasarakan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Modul Spesifikasi dan Karakteristik Kayu layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul, Dasar-dasar Kontruksi Bangunan dan Teknik Pegukuran Tanah, Spesifikasi dan Karakteristik Kayu.
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 25 Aug 2021 07:48
Last Modified: 25 Aug 2021 07:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44574

Actions (login required)

View Item View Item