PEMBUATAN MODUL PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SANITASI UTILITAS BANGUNAN GEDUNG JURUSAN KONSTRUKSI GEDUNG SANITASI PERAWATAN KELAS XI DI-KOTA SEMARANG (STUDI DI SMK N 3 SEMARANG DAN SMK N 7 SEMARANG)


Adam Firnanda, 5101416030 (2021) PEMBUATAN MODUL PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SANITASI UTILITAS BANGUNAN GEDUNG JURUSAN KONSTRUKSI GEDUNG SANITASI PERAWATAN KELAS XI DI-KOTA SEMARANG (STUDI DI SMK N 3 SEMARANG DAN SMK N 7 SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBUATAN MODUL PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SANITASI UTILITAS BANGUNAN GEDUNG JURUSAN KONSTRUKSI GEDUNG SANITASI PERAWATAN KELAS XI DI-KOTA SEMARANG (STUDI DI SMK N 3 SEMARANG DAN SMK N 7 SEMARANG)] PDF (PEMBUATAN MODUL PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SANITASI UTILITAS BANGUNAN GEDUNG JURUSAN KONSTRUKSI GEDUNG SANITASI PERAWATAN KELAS XI DI-KOTA SEMARANG (STUDI DI SMK N 3 SEMARANG DAN SMK N 7 SEMARANG)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Mata pelajaran sanitasi utilitas gedung merupakan mata pelajaran yang wajib diikuti bagi siswa kelas XI jurusan Konstruksi Sanitasi Gedung Perawatan di Sekolah Menengah Kejuruan se-Kota Semarang. Tujuan mata pelajaran ini agar siswa mampu memahami teori dan konsep mengenai plumbing. Terdapat kendala untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu belum adanya sumber belajar mandiri yang digunakan oleh siswa untuk memahami materi alat-alat saniter, dasar-dasar plumbing, sistem instalasi air bersih dan sistem instalasi air kotor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan modul berdasarkan ahli materi, ahli media dan mengetahui persepsi siswa terhadap modul plumbing: alat-alat saniter, dasar-dasar plumbing, sistem instalasi air bersih dan sistem instalasi air kotor. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan hasil penelitian yang dihasilkan adalah berupa produk modul plumbing: alat-alat saniter, dasar-dasar plumbing, sistem instalasi air bersih dan sistem instalasi air kotor. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa langkah pembuatan modul dimulai dengan analisis kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran modul plumbing: alat-alat saniter, dasar-dasar plumbing, sistem instalasi air bersih dan sistem instalasi air kotor, lalu peta modul selanjutnya desain pembuatan modul, lalu validasi oleh ahli materi dan ahli media dan uji persepsi siswa sebagai pelengkap validasi modul plumbing: alat-alat saniter, dasar-dasar plumbing, sistem instalasi air bersih dan sistem instalasi air kotor. pada mata pelajaran Sanitasi Utilitas Bangunan Gedung. Dari hasil yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa modul plumbing: alat-alat saniter, dasar-dasar plumbing, sistem instalasi air bersih dan sistem instalasi air kotor. layak untuk digunakan. Hasil penilaian yang didapatkan dari ahli materi sebesar 87% dalam kriteria sangat baik. Hasil penilaian yang didapatkan dari ahli media sebesar 92% dalam kriteria sangat baik. Dan hasil uji persepsi pada siswa sebesar 93% dengan kategori sangat baik. Dari ketiga hasil tersebut didapatkan rata-rata nilai sebesar 91% dengan kategori sangat baik atau dengan kata lain modul layak digunakan untuk membantu proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: modul plumbing, alat-alat saniter, dasar-dasar plumbing, sistem instalasi air bersih, sistem instalasi air kotor.
Subjects: L Education > LT Textbooks
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 25 Aug 2021 07:43
Last Modified: 25 Aug 2021 07:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44571

Actions (login required)

View Item View Item