PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP KINERJA LINGKUNGAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING


Elfa Dikah Tri Handayani, 7211416092 (2020) PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP KINERJA LINGKUNGAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP KINERJA LINGKUNGAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING] PDF (PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP KINERJA LINGKUNGAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan manufaktur di Indonesia saat ini mengalami perkembangan yang pesat. Hal tersebut berdasarkan data dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia pada tahun 2019 mempublikasikan mengenai jumlah produksi pada kuartal I sebesar 4,45%, angka tersebut lebih tinggi dari jumlah produksi pada kuartal IV tahun 2018 sebesar 4,07%. Perkembangan tersebut berdampak pada semakin luasnya tujuan perusahaan. Hadiyanti dan Widarsono (2015) mengungkapkan bahwa terdapat tiga tujuan perusahaan yaitu profit, people dan planet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan perusahaan terhadap kinerja non keuangan yaitu kinerja lingkungan. Kinerja keuangan diproksikan dengan profitabilitas dan leverage. Penelitian ini akan menganalisa ukuran perusahaan dalam memperkuat atau memperlemah pengaruh antara kinerja keuangan terhadap kinerja lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2018. Melalui metode purposive sampling, diperoleh 65 perusahaan yang memenuhi kriteria dengan total unit analisis sebanyak 195. Teknik analisis data yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA). Penelitian ini menemukan adanya pengaruh negatif signifikan antara profitabilias dan leverage terhadap kinerja lingkungan. Selain itu, berdasarkan hasil uji pengaruh moderasi ditemukan adanya pengaruh positif signifikan antara variabel profitabilitas dan leverage terhadap kinerja lingkungan dengan dimoderasi oleh variabel ukuran perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa ukuran perusahaan dapat memperkuat pengaruh antara profitabilitas dan leverage terhadap kinerja lingkungan. Penelitian selanjutnya dapat meneliti mengenai kinerja lingkungan dengan menggunakan proksi lain, seperti jumlah karbon yang dihasilkan, jumlah air yang digunakan, jumlah kecelakaan kerja atau pengukuran kinerja lingkungan lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan, Kinerja Lingkungan, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2021 07:32
Last Modified: 25 Aug 2021 07:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44563

Actions (login required)

View Item View Item