PENGARUH MINAT PROFESI GURU DAN SIKAP KEGURUAN TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Devi Setiyawati, 5101416019 (2020) PENGARUH MINAT PROFESI GURU DAN SIKAP KEGURUAN TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MINAT PROFESI GURU DAN SIKAP KEGURUAN TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG] PDF (PENGARUH MINAT PROFESI GURU DAN SIKAP KEGURUAN TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan kecakapan mahasiswa kaitannya dengan kesiapan mengajar perlu disiapkan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dengan mengembangkan minat dan sikap pada profesi guru. Wawancara awal dilakukan kepada mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) UNNES untuk mengetahui gambaran awal kesiapan mahasiswa menjadi guru. Hasil wawancara menunjukkan terdapat mahasiswa yang belum siap mengajar di kelas. Dari 30 mahasiswa terdapat 8 mahasiswa yang lebih memilih untuk bekerja dibidang lain da 3 mahasiswa masih ragu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi mahasiswa PTB UNNES. Pengambilan sampel menggunakan Sampling purposive yaitu mahasiswa PTB angkatan 2016. Variabel bebas Minat Profesi Guru (X1) dan Sikap Keguruan (X2), variabel terikat Kesiapan Menjadi Guru (Y). Pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data meliputi uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, uji regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh variabel X1 terhadap variabel Y sebesar 32,1%. Terdapat pengaruh variabel X2 terhadap variabel Y sebesar 55,2%. Secara bersamaan X1 dan X2 memberikan pengaruh 57,8% terhadap Y. Kesimpulan yang diambil bahwa minat profesi guru dan sikap keguruan berpengaruh secara positif terhadap kesiapan menjadi guru mahasiswa PTB UNNES. Saran yang dapat diberikan kepada mahasiswa yaitu mahasiswa diharapkan dapat memperdalam pengetahuan tentang profesi guru dan memanfaatkan mata kuliah praktik mengajar dengan baik untuk meningkatkan keterampilan mengajarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Profesi Guru, Sikap Keguruan, Kesiapa Menjadi Guru
Subjects: L Education > L Education (General) > perceptions of teachers
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 25 Aug 2021 06:08
Last Modified: 25 Aug 2021 06:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44547

Actions (login required)

View Item View Item