PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN STRUKTUR ASET TERHADAP STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Tercatat di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)


Prasanti Fitri Priapsari, 7311416142 (2020) PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN STRUKTUR ASET TERHADAP STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Tercatat di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN,  PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN  STRUKTUR ASET TERHADAP STRUKTUR MODAL  PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Tercatat di Bursa Efek Indonesia  Periode 2014-2018)] PDF (PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN STRUKTUR ASET TERHADAP STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Tercatat di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Struktur modal merupakan kombinasi antara hutang dan ekuitas yang digunakan oleh perusahaan untuk membiayai aktivanya. Struktur modal dalam penelitian ini diproksikan dengan Debt to Equity Ratio (DER) pada perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Struktur Kepemilikan, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Struktur Aset Terhadap Struktur Modal. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2018. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dalam pengambilan sampel penelitian, sehingga diperoleh sampel sebanyak 70 perusahaan. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi data panel dengan menggunakan program Eviews 9 dan diperoleh model common effect yang terpilih untuk digunakan di dalam model. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel independen terhadap struktur modal perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Ada lima variabel independen yang mempengaruhi struktur modal yaitu kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan struktur aset. Sedangkan kepemilikan asing tidak berpengaruh terhadap struktur modal pada perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Simpulan dari penelitian ini yaitu kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan ukuran perusahaan memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap struktur modal. Profitabilitas dan struktur aset berpengaruh negatif dan signifikan terhadap struktur modal. Sedangkan untuk kepemilikan asing memiliki hubungan negatif dan tidak signifikan terhadap struktur modal. Saran dari penelitian ini, perusahaan harus memperhatikan kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, profitabilitas, ukuran perusahaan dan struktur aset dalam membuat keputusan struktur modal. Bagi investor sebaiknya memperhatikan kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan struktur aset dalam melakukan investasi. Sedangkan untuk penelitian selanjutnya sebaiknya untuk menambahkan variabel independen yang dapat mempengaruhi struktur modal serta memperpanjang periode tahun penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Struktur Modal, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Asing, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Struktur Aset
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: khrisna pci perpustakaan
Date Deposited: 25 Aug 2021 04:49
Last Modified: 25 Aug 2021 04:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44540

Actions (login required)

View Item View Item