ANALYSIS OF THE ROLE OF THE LIVESTOCK SECTOR ON THE ECONOMY OF CENTRAL JAVA PROVINCE (INPUT-OUTPUT ANALYSYS)


Arrizal Nurdien Fadhilah, 7111416125 (2020) ANALYSIS OF THE ROLE OF THE LIVESTOCK SECTOR ON THE ECONOMY OF CENTRAL JAVA PROVINCE (INPUT-OUTPUT ANALYSYS). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALYSIS OF THE ROLE OF THE LIVESTOCK SECTOR ON THE ECONOMY OF CENTRAL JAVA PROVINCE (INPUT-OUTPUT ANALYSYS)] PDF (ANALYSIS OF THE ROLE OF THE LIVESTOCK SECTOR ON THE ECONOMY OF CENTRAL JAVA PROVINCE (INPUT-OUTPUT ANALYSYS)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Ketimpangan yang terjadi dalam sektor pertanian menyebabkan terjadinya perlambatan pertumbuhan dalam sektor tersebut. Salah satu sektor dengan kontribusi dan pertumbuhan paling cepat dalam sektor pertanian adalah sektor peternakan. Sektor peternakan diharapkan dapat mendorong sektor lain untuk tumbuh, namun pada kenyataannya sektor peternakan belum mampu untuk mendorong pertumbuhan sektor lain dalam sektor pertanian. Pemanfaatan potensi sektor peternakan yang belum maksimal dilihat dari carrying capacity atau daya tampung ternak menjadikan kontribusi sektor peternakan menjadi tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar peran sektor peternakan terhadap perekonomian Provinsi Jawa Tengah dilihat dari kontribusi output, struktur permintaan, derajat kepekaan, daya penyebaran, multiplier output, dan multiplier pendapatan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Input-Output pada Tabel Input-Output Provinsi Jawa Tengah Tahun 2013 Klasifikasi 88 Sektor. Hasil penelitian menunjukan bahwa sektor peternakan menghasilkan indeks daya penyebaran dan multiplier output tertinggi diantara sektor primer lain. Hal ini menunjukan bahwa sektor peternakan dapat mendorong produksi output sektor lain yang outputnya digunakan sebagai input oleh sektor peternakan. Sedangkan dalam penentuan sektor prioritas, sektor peternakan merupakan satu-satunya sektor dalam sektor pertanian yang masuk ke dalam sektor prioritas II atau sektor potensial dalam perekonomian Jawa Tengah. Berdasarkan hasil analisis tersebut, pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam hal ini Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan diharapkan dapat lebih mengembangkan sektor peternakan sehingga produksi output secara keseluruhan akan meningkat dan mendorong pertumbuhan sektor-sektor lain yang menyediakan input untuk sektor peternakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peternakan, Analisis Input-Output.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2021 04:43
Last Modified: 25 Aug 2021 04:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44538

Actions (login required)

View Item View Item