PENGARUH PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL TERHADAP NILAI PERUSAHAN DENGAN KINERJA FINANSIAL DAN NON-FINANSIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI


Anisya Gusti Amanda, 7211416044 (2020) PENGARUH PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL TERHADAP NILAI PERUSAHAN DENGAN KINERJA FINANSIAL DAN NON-FINANSIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL TERHADAP NILAI PERUSAHAN DENGAN KINERJA FINANSIAL DAN NON-FINANSIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI] PDF (PENGARUH PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL TERHADAP NILAI PERUSAHAN DENGAN KINERJA FINANSIAL DAN NON-FINANSIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Metode bisnis telah beralih kearah basis pengetahuan dan teknologi. Peralihan tersebut mendorong perubahan pada metode penilaian perusahaan. Perusahaan yang mampu memiliki lebih banyak sumber daya pengetahuan dipercayaai memiliki nilai lebih tinggi dibanding perusahaan lainnya. Namun, adanya nilai tambah atas kepemilikan aset tak berwujud yang sulit diukur membuat perusahaan tidak dapat dinilai sesuai dengan kualitas yang sesungguhnya. Hidden value yang tercipta dikatakan sebagai modal intelektual yang akhir-akhir ini mempengaruhi penciptaan nilai bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peranan pengungkapan modal intelektual terhadap nilai perusahaan. Nilai perusahaan diukur berdasarkan return saham menggunakan rasio PBV (Price-to-Book Value). Sementara pengungkapan modal intelektual diukur menggunakan konten analisis berdasarkan 36 item modal intelektual. Variabel profitabilitas (ROA), leverage (DAR) dan Good Corporate Governance (Komite audit dan komisaris independen) dihadirkan sebagai variabel moderasi. Data yang digunakan berasal dari laporan tahunan perusahaan sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018. Data populasi penelitian sebanyak 90 perusahaan dan diperoleh sampel sebanyak 35 perusahaan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis dilakukan dengan Analisis Regresi Moderasi (Moderated Regression Analysis/MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Luas pengungkapan modal intelektual tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan namun profitabilitas mampu memperkuat pengaruh pengungkapan modal intelektual terhadap nilai perusahaan, sementara leverage, komite audit dan komisaris independen tidak dapat menjadi pemoderasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai Perusahaan, Intellectual Capital Disclosure, Profitabilitas, Leverage, Good Corporate Governance, Konten Analisis.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2021 04:37
Last Modified: 25 Aug 2021 04:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44534

Actions (login required)

View Item View Item