Perbandingan Kuat Lekat Beton Terhadap Tulangan Menggunakan Tulangan Baru Dan Bekas Diameter 10 mm Pada Mutu Beton F'c 12 MPa.


Muhammad Arif Sudarmawan, 5101414037 (2020) Perbandingan Kuat Lekat Beton Terhadap Tulangan Menggunakan Tulangan Baru Dan Bekas Diameter 10 mm Pada Mutu Beton F'c 12 MPa. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perbandingan Kuat Lekat Beton Terhadap Tulangan Menggunakan Tulangan Baru Dan Bekas Diameter 10 mm Pada Mutu Beton F'c 12 MPa.] PDF (Perbandingan Kuat Lekat Beton Terhadap Tulangan Menggunakan Tulangan Baru Dan Bekas Diameter 10 mm Pada Mutu Beton F'c 12 MPa.) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Untuk menekan biaya yang dibutuhkan, maka sering ditemukan penggunaan kembali material material bekas bongkaran bangunan yang digunakan untuk suatu konstruksi beton bertulang. Sehingga mungkin dapat mempengaruhi kuat lekat dari balok beton bertulang.. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) perbedaan kuat tarik baja tulangan baru dan bekas (2) kuat tekan beton (3) kuat tarik belah beton ( 4) perbedaan kuat lekat beton antara tulangan baru dan tulangan bekas Penelitian dilakukan di Lab Struktur Teknik Sipil FT UNNES untuk mengetahui kuat lekat beton bertulang menggunakan tulangan baru dan tulangan bekas. Sebagai bahan penelitian dipakai baja dengan Ø 10 mm yang diperoleh dari pengepul besi baja bekas di Jl Pawiyatan Luhur, Semarang dan tulangan baru yang di beli di toko bahan bangunan daerah Patemon, Gunungpati, Semarang. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode Laboratorium eksperimen. terdapat data-data murni dari hasil pengujian dan hasil analisis data dan digambarkan dalam sebuah diagram dan grafik. Dari hasil penelitian didapatkan (1) 1. Hasil pengujian kuat tarik baja di laboratorium Teknik Mesin UNNES didapatkan hasil rata-rata untuk baja baru adalah fy 410.18 MPa, sedangkan untuk baja bekas fy 398.72 MPa. Kuat tarik baja tulangan baru lebih besar 3% dari baja tulangan bekas. (2) kuat tekan beton mix design Fc 12 Mpa, menghasilkan tegangan rata-rata sebesar 147.072 kg/cm2 (3) kuat tarik belah beton mix design, menghasilkan tegangan rata-rata sebesar 17.560 kg/cm2, atau senilai dengan 11,94% dari kuat tekan, (4) kuat lekat beton menggunakan baja bekas diperoleh hasil rata-rata kuat lekat sebesar 3.476 kg/cm2. Sedangkan untuk beton menggunakan baja baru diperoleh hasil rata-rata kuat lekat sebesar 2.547 kg/cm2. kuat lekat baja tulangan bekas lebih besar 36,5% dari baja tulangan baru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perbandingan kuat lekat tulangan baru dan bekas, perbandingan kuat tarik tulangan baru dan bekas, kuat tarik tulangan
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 25 Aug 2021 03:26
Last Modified: 25 Aug 2021 03:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44522

Actions (login required)

View Item View Item