PERBANDINGAN KUAT LEKAT BETON TERHADAP BAJA TULANGAN BARU DAN BEKAS DIAMETER 13MM PADA MUTU BETON F’C 20 MPA


Muhammad Faisal Dewantara, 5101414008 (2021) PERBANDINGAN KUAT LEKAT BETON TERHADAP BAJA TULANGAN BARU DAN BEKAS DIAMETER 13MM PADA MUTU BETON F’C 20 MPA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBANDINGAN KUAT LEKAT BETON TERHADAP BAJA TULANGAN BARU DAN BEKAS DIAMETER 13MM PADA MUTU BETON F’C 20 MPA] PDF (PERBANDINGAN KUAT LEKAT BETON TERHADAP BAJA TULANGAN BARU DAN BEKAS DIAMETER 13MM PADA MUTU BETON F’C 20 MPA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Komponen material bekas dari material besi dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk proses daur ulang. Khusus untuk besi tulangan, selain sebagai bahan baku daur ulang dapat digunakan kembali. Untuk menekan biaya yang dibutuhkan, sering ditemukan penggunaan kembali material material bekas bongkaran bangunan yang digunakan kembali untuk suatu konstruksi bangunan yang baru. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) perbedaan nilai kuat lekat baja tulangan ulir baru dan bekas diameter 13 mm pada beton (2) selisih nilai kuat lekat baja tulangan ulir baru dan bekas diameter 13 mm. Penelitian dilakukan di Laboratorium Bahan dan Struktur Fakultas Teknik Sipil Universitas Negeri Semarang. Sebagai bahan penelitian dipakai baja tulangan ulir dengan diameter 13 mm yang diperoleh dari pengepul besi baja bekas di Sampangan, Semarang dan tulangan baru yang di beli di toko bahan bangunan daerah Patemon, Gunungpati, Semarang. Langkah awal dalam pembuatan benda uji yaitu : (1) pengujian bahan (2) merancang mix design (3) pembuatan sampel benda uji beton (4) pengujian kuat tekan sampel beton (5) pembuatan sampel beton kuat lekat menggunakan tulangan ulir 13 mm (6) pengujian sampel beton kuat lekat beton. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode Laboratorium eksperimen. Hasil pengujian menunjukan, (1) kuat tekan beton pada umur 28 hari diperoleh sebesar 25,49MPa (2) kuat lekat baja tulangan ulir bekas adalah 4.422MPa dan kuat lekat baja tulangan ulir baru adalah 5.527 MPa (3) terdapat perbedaan yang signifikan kuat lekat baja tulangan ulir baru dan bekas diameter 13 mm karena Sig. (2-tailed) hitung lebih kecil dari 0,05 (Sig. (2-tailed) < 0,05 / 0,000 < 0,05).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: tulangan ulir, beton, kuat tekan, kuat lekat.
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 25 Aug 2021 03:22
Last Modified: 25 Aug 2021 03:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44519

Actions (login required)

View Item View Item