RESORT HOTEL DI KAWASAN WISATA MURIA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKOLOGIS


Rahita Nadya Anwar, 5112415001 (2019) RESORT HOTEL DI KAWASAN WISATA MURIA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKOLOGIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of RESORT HOTEL DI KAWASAN WISATA MURIA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKOLOGIS] PDF (RESORT HOTEL DI KAWASAN WISATA MURIA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKOLOGIS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kabupaten Kudus merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Kabupaten Kudus memiliki potensi yang bagus dibidang pariwisata, setiap tahunnya selalu ramai dikunjungi wisatawan baik dari luar maupun dari dalam. Potensi wisata di Kabupaten Kudus yang paling terkenal yaitu kawasan wisata muria yang menawarkan wisata religii dan wisata alam yang terletak sekitar 18 KM ke arah utara dari pusat kota. Di kawasan wisata ini dapat berziarah ke makam Sunan Muria atau menikmati indahnya pemandangan dan kesejukan alam pegunungan yang ada di Gunung Muria. Selain itu, di utara Makam Sunan Muria terdapat Air Terjun Monthel. Untuk bisa menuju ke lokasi air terjun ini, dapat berjalan kaki sepanjang 1,5 KM dan sepanjang perjalanan akan melewati perkebunan kopi. Tak jauh dari situ, ada Waterboom Mulia Wisata yang merupakan satu-satunya wahana air terbesar yag ada di Kudus. Saat ini akomodasi penginapan di kawasan wisata Muria masih terbatas. Oleh karena itu perlu adanya penambahan fasilitas penginapan seiring bertambahanya wisatawan kawasan Muria. Resort hotel adalah salah satu jenis penginapan yang cocok untuk daerah pegunungan sebagi tempat peristirahatan dengan fasilitas pelengkapannya. Perencanaan resort hotel ini akan menggunakan pendekatan Arsitektur Ekologis dengan memanfaatkan potensi alam yang ada dan mengedepankan prinsip hemat energi. Penerapan konsep arsitektur ekologis pada bangunan resort hotel diterapkan sistim teknis, sistim kinerja dan konsep arsitektural. Sistim teknis pada bangunan resort hotel yaitu penekanan penggunaan pencahayaan dan penghawaan alami, pengolahan kembali air hujan dan air kotor, penggunaan energi terbarukan seperti energi surya. Untuk sistim kinerja menggunakan struktur bangunan yang lebih efisien dan cocok dengan konsep arsitektur ekologis. Untuk konsep arsitektural pada bangunan resort penggunaan material bangunan, penerapan vegetasi pada bangunan, konsep eksterior, konsep interior dan konsep landskap.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Wisata Muria, Resort Hotel, Arsitektur Ekologis
Subjects: T Technology > TH Building construction
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 25 Aug 2021 01:41
Last Modified: 25 Aug 2021 01:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44508

Actions (login required)

View Item View Item