PENGARUH WAKTU TERHADAP TEMPERATUR DAPUR INDUKSI BERBASIS ELEKTROMAGNETIK PADA PENCAIRAN ALUMINIUM


Muftian Adi Pratomo, 5201415026 (2020) PENGARUH WAKTU TERHADAP TEMPERATUR DAPUR INDUKSI BERBASIS ELEKTROMAGNETIK PADA PENCAIRAN ALUMINIUM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH WAKTU TERHADAP TEMPERATUR DAPUR INDUKSI BERBASIS ELEKTROMAGNETIK PADA PENCAIRAN ALUMINIUM] PDF (PENGARUH WAKTU TERHADAP TEMPERATUR DAPUR INDUKSI BERBASIS ELEKTROMAGNETIK PADA PENCAIRAN ALUMINIUM) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi dalam dunia industri terus mengikuti perkembangan zaman, alat dapur induksi berbasis elektromagnetik sudah banyak digunakan dalam proses peleburan logam aluuminium. Faktor-faktor yang mempengaruhi pencairan aluminium salah satunya membutuhkan temperatur yang tinggi dengan waktu relatif cepat. Penelitian ini bertujuan untuk membuat alat dapur induksi berbasis elektromagnetik sebagai instalasi penelitian pengaruh waktu terhadap temperatur dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh waktu yang digunakan dalam proses pencairan aluminium. Metode yang digunakan adalah eksperimen yaitu dengan pengujian pencairan logam aluminium dengan variasi waktu 3, 6, 9, 12, dan 15 menit. Menggunakan daya sebesar 2036 Watt, temperatur diperoleh dari pengukuran menggunakan Termocouple tipe-K, dan hasil temperatur ditampilkan dari temperature kontrol. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian pengujian pencairan logam aluminium seberat 146 gram, dilakukan 3 kali pengujian, pada pengujian ke- I, II dan III mencair dengan rata-rata-rata waktu 9 menit, mencapai temperature cair 720 oC, 728 oC, dan 750 oC dengan R2 atau koefisien yang berkontribusi waktu terhadap temperatur yaitu 70,76%, 57,59% dan 51,41%. Jadi dapat disimpulkan keberpengaruhan waktu terhadap temperatur pada pengujian I dengan R2 sebesar 70,76%. Ada sekitar 29,24% kenaikan temperatur yang tidak dipengaruhi oleh waktu, yang mana tidak dilakukan dalam pengamatan penelitian. Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan alat uji dapur induksi berbasis elektromagnetik dengan kapasitas daya lebih dari 2400 Watt, untuk pencairan logam aluminium yang lebih besar, karena berpengaruh pada efisiensi waktu pencairan aluminium.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aluminium, Dapur Induksi, Waktu, Temperatur.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 25 Aug 2021 01:04
Last Modified: 25 Aug 2021 01:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44507

Actions (login required)

View Item View Item