REST AREA TOL SEMARANG – SOLO KM 456 DI KOTA SALATIGA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEMPORER


Faisal Ahmad Nuruzzaman, 5112414032 (2018) REST AREA TOL SEMARANG – SOLO KM 456 DI KOTA SALATIGA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEMPORER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of REST AREA TOL SEMARANG – SOLO KM 456 DI KOTA SALATIGA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEMPORER] PDF (REST AREA TOL SEMARANG – SOLO KM 456 DI KOTA SALATIGA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEMPORER) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Berkembangnya suatu daerah akan meningkatkan kebutuhan akan jalur trasnportasi darat yang baik. Salah satunya yaitu jalan tol di Pulau Jawa khususnya jalan tol Semarang – Solo dengan panjang 75.7 km yang dibangun oleh pemerintah di tahun 2009. Dengan adanya jalur transportasi yang baru pasti masyarakat banyak yang menggunakan. Masih barunya jalan tol Semarang – Solo perlu beberapa fasilitas wajib yang perlu di rencanakan selanjutnya, salah satunya rest area. Untuk jalur Semarang menuju Solo sudah terdapat 1 di Ungaran, sedangkan di jalur Solo menuju Semarang belum tersedia. Dengan pertimbangan itulah maka perlu direncanakan rest area jalur Solo menuju Semarang di Kota Salatiga. Dengan adanya perencanaan rest area di jalan tol Semarang – Solo diharapkan nantinya masyarakat bisa menggunakan sebagai sarana istirahat disaat melalui jalan tol. Dikarenakan jalan tol merupakan investasi jangka panjang, maka perencanaan rest area nantinya perlu direncanakan bisa digunakan dalam masa yang lama. Sehingga perlu pendekatan konsep arsitektur yang modern seperti arsitektur kontemporer. Arsitektur kontemporer yang memiliki ciri khas bangunan yang kekinian, penggunaan material yang terbarukan, penggunaan sumber daya yang evisien dan maksimal, bentuk bangunan yang mencerminkan masa kini sangat cocok untuk diterapkan pada rest area. Diharapkan perencanaan rest area bisa memfasilitasi masyarakat pengguna jalan tol dalam masa yang lama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jalan Tol, Rest Area, Desain Kontemporer, Kota Salatiga
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 25 Aug 2021 00:56
Last Modified: 25 Aug 2021 00:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44505

Actions (login required)

View Item View Item