PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (Studi Pada UMKM Sarung Goyor Kabupaten Pemalang)


ERI KHOLIFAH, 7311416019 (2020) PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (Studi Pada UMKM Sarung Goyor Kabupaten Pemalang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (Studi Pada UMKM Sarung Goyor Kabupaten Pemalang)] PDF (PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (Studi Pada UMKM Sarung Goyor Kabupaten Pemalang)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

UMKM mempunyai peran strategis dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja yang produktif. Pengusaha dituntut memiliki kemampuan mengembangkan pilihan strategi di bidang manajamen pemasaran sehingga mampu beradaptasi dengan lingkungan dinamis, memahami kondisi yang terjadi di pasar dan mengetahui kebutuhan konsumen untuk dapat menentukan strategi pemasaran yang akan dilakukan kedepan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran pada UMKM Sarung Goyor Kabupaten Pemalang. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM Sarung Goyor Kabupaten Pemalang yang berjumlah 143 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 105 responden diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin. Metode pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Metode penelitian menggunakan path analysis melalui program IBM SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil uji path analysis menunjukkan bahwa keunggulan bersaing dapat memediasi orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Simpulan dari penelitian ini adalah orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan mampu meningkatkan kinerja pemasaran. Keunggulan bersaing juga mampu memediasi pengaruh variabel orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Saran yang diberikan adalah sebaiknya pelaku UMKM Sarung Goyor lebih gencar melakukan inovasi produk sarung, melakukan promosi, memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan dan dapat menjaga kualitas dari sarung. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambah ix referensi yang terkait dengan orientasi pasar serta memperluas ruang lingkup objek.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 20 Aug 2021 05:11
Last Modified: 20 Aug 2021 05:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44485

Actions (login required)

View Item View Item