PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, PERGAULAN TEMAN SEBAYA, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK WIDYA PRAJA UNGARAN


Dwi Indra Ayu Armantika, 7101416097 (2020) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, PERGAULAN TEMAN SEBAYA, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK WIDYA PRAJA UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, PERGAULAN TEMAN SEBAYA, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK WIDYA PRAJA UNGARAN] PDF (PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, PERGAULAN TEMAN SEBAYA, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK WIDYA PRAJA UNGARAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Motivasi merupakan daya penggerak di dalam diri untuk mencapai tujuan. Motivasi diperlukan untukmembantu kegiatan belajar yang didorong dari dalam maupun luar sehingga tujuan yang dicapai maksimal. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh disiplin belajar, pergaulan teman sebaya, dan lingkungan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa pada kompetensi keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran di SMK Widaya Praja Ungaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh disiplin belajar, pergaulan teman sebaya, dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa pada kompetensi keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran di SMK Widaya Praja Ungaran secara simultan maupun parsial. Jenis penelitian kuantitatif, populasi adalah siswa kelas X,XI,XII OTKP di SMK Widya Praja Ungaran yang berjumlah 169 siswa dan siswa sejumlah 119 yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Variabel yang dikaji dalam penelitian iniyaitu disiplin belajar, pergaulan teman sebaya, lingkungan keluarga, dan motivasi belajar.Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi, dan kuisioner.Teknik analisis data menggunakan analisis uji asumsi klasik, analisis regresiberganda,analisis uji hipotesisdan analisis deskriptif persentase, dengan bantuanprogram SPSS. Hasil dari analisis regresi ganda penelitian ini yaitu Y (Motivasi Belajar) = 8,041 + 0,399 (X1) + 0,306 (X2) + 0,269 (X3).Ada pengaruh secara simultan sebesar 57,6%. sedangkan pengaruhsecara parsial untuk pengaruh disiplin belajar sebesar 23,81%, Pergaulan teman sebaya 9,36%, dan lingkungan keluarga13,98%. Kesimpulan penelitian ini yaitu ada pengaruh disiplin belajar, Pergaulan teman sebaya, dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa pada kompetensi keahlian OTKP di SMK Widya Praja Ungaran secara simultan maupun parsial, saran siswa dapat mengerjakan soal mandiri atau berkelompok, siswa disarankan membuat grup kelompok belajar untuk membantu membuka diri dengan banyak teman agar hubungan antar teman menjadi baik.orang tua di sarankan menciptakan suasana rumah yang nyaman dengan mematikan televisi, mendampingi pada saat anak belajar, atau membuat ruang belajar untuk anak. Untuk motivasi belajar siswa dapat mencatat nama anak yang gaduh untuk dilaporkan kepada guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin belajar, Teman Sebaya, Lingkungan Keluarga, Dan Motivasi Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 20 Aug 2021 05:06
Last Modified: 20 Aug 2021 05:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44484

Actions (login required)

View Item View Item