Kemampuan Komunikasi Antar Pribadi Ditinjau dari Pola Asuh dan Konsep Diri Siswa


Kusnarto, Kurniawan (2017) Kemampuan Komunikasi Antar Pribadi Ditinjau dari Pola Asuh dan Konsep Diri Siswa. Internasional Journal of Counseling and Education, 6 (4). pp. 23-26. ISSN 2548 - 3498

[thumbnail of 18654-Article Text-47583-1-10-20180413 - AGUS BUDIARDJO.pdf] PDF
Download (279kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan desain korelasional dengan jumlah sampel 152 orang yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Pengum- pulan data menggunakan angket komunikasi antar pribadi, angket pola asuh dan skala konsep diri yang dianalisis secara deskriptif, regresi sederhana dan regresi ganda.Hasil penelitian menunjukkan komunikasi antar pribadi berada dalam kategori tinggi (M= 149,52), pola asuh dalam kategori sedang (M= 127,46), sedangkan konsep diri pada kategori tinggi (M= 135,95). Terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh dan konsep diri dengan komunikasi antar pribadi (R=0,778, p = < 0,05). Analisis secara persial menunjukkan antara pola asuh dengan komunikasi antar pribadi terdapat hubungan signifikan (R=0,577, p = < 0,05), begitu pula antara konsep diri dengan komunikasi antar pribadi juga terdapat hubungan yang signifikan (R=0,731, p= <0,05). Penelitian ini memberi- kan implikasi bagi guru bimbingan dan konseling untuk memberikan layanan kepada siswa dalam pembentukan pola asuh dan konsep diri untuk meningkat- kan komunikasi antar pribadi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: parenting; self-con- cept and interper- sonal communication.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 10 Aug 2021 02:38
Last Modified: 10 Aug 2021 02:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44448

Actions (login required)

View Item View Item