Pemanfaatan Gadget oleh Siswa SMA


Kusnarto, Kurniawan (2016) Pemanfaatan Gadget oleh Siswa SMA. Internasional Journal of Counseling and Education, 6 (1). pp. 61-66. ISSN 2252-6374

[thumbnail of 16737-Article Text-32957-1-10-20170818 - AGUS BUDIARDJO.pdf] PDF
Download (442kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang ada melalui wawancara yang telah dilakukan dengan guru BK/konselor di SMA Negeri se-Kabupaten Grobogan yang menunjukkan banyaknya kasus siswa yang berkenaan dengan pemanfaatan gadget. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pemanfaatan gadget oleh siswa SMA ditinjau dari tujuan dan waktu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei. Populasi penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMA negeri se-Kabupaten Grobogan dengan sampel 138 siswa dengan menggunakan teknik sampling two stage cluster proportional random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dianalisiss dengan menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif persentase pemanfaatan gadget oleh siswa SMA secara keseluruhan adalah 66,04% dengan kriteria cukup positif. Frekuensi jawaban pada dimensi tujuan pemanfaatan gadget menunjukan hasil persentase sebesar 65,84% dengan kriteria cukup positif. Sedangkan Frekuensi jawaban pada dimensi waktu pemanfaatan gadget menunjukan hasil persentase sebesar 90,02 dengan kriteria sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa secara umum siswa SMA Negeri se-Kabupaten Grobogan dalam memanfaatkan gadget sudah cukup baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gadget using, highschool students.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: setyarini unnes
Date Deposited: 04 Aug 2021 06:44
Last Modified: 04 Aug 2021 06:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44436

Actions (login required)

View Item View Item