MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI RENDAH MELALUI KONSELING BEHAVIOR TEKNIK SELF-MANAGEMENT


Kusnarto, Kurniawan (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI RENDAH MELALUI KONSELING BEHAVIOR TEKNIK SELF-MANAGEMENT. Internasional Journal of Counseling and Education, 5 (4). pp. 26-32. ISSN 2548 - 3498

[thumbnail of 13516-Article Text-31386-1-10-20170731 - AGUS BUDIARDJO.pdf] PDF
Download (265kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan data yang diperoleh dari observasi dan wawancara dengan konselor SMK N 4 Semarang mengenai rendahnya motivasi berprestasi pada siswa kelas XII teknik mesin 2. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan konseling behavior teknik self management dapat meningkatkan motivasi berprestasi pada siswa teknik mesin 2 di SMK Negeri 4 Semarang. Penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-postest design, diberikan kepada dua siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah. Metode analisis data menggu-nakan analisis data deskriptif persentase dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat peningkatan signifikan motivasi berprestasi pada siswa kelas XII teknik mesin 2 antara sebelum dan setelah diberikan treatment layanan konseling behavior teknik self-management. Proses konseling diberikan sebanyak 8 kali pertemuan pada masing-masing konseli. Gambaran motivasi berprestasi berdasarkan perhitungan analisis deskriptif, dapat diketahui bahwa persentase sebelum diberikan treatment, siswa R1 sebesar 50,5%, dan siswa R2 sebesar 42,5% keduanya masuk dalam kriteria rendah. Sedangkan setelah diberikan treatment, siswa R1 sebesar 74% masuk dalam kriteria tinggi dan siswa R2 sebesar 63% masuk dalam kriteria sedang. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan sebesar 23,5% pada siswa R1 dan 20,5% pada siswa R2.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: setyarini unnes
Date Deposited: 04 Aug 2021 06:26
Last Modified: 04 Aug 2021 06:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44435

Actions (login required)

View Item View Item