Layanan Konseling Kelompok untuk Mengurangi Perilaku Interaksi Sosial Disosiatif Siswa


Kusnarto, Kurniawan and Laely, Itsna Amana and Heru Mugiarso, - (2019) Layanan Konseling Kelompok untuk Mengurangi Perilaku Interaksi Sosial Disosiatif Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 8 (1). ISSN 2252 - 6374

[thumbnail of 21712-Article Text-80266-1-10-20190917 - AGUS BUDIARDJO.pdf] PDF
Download (302kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat adanya pengaruh layanan konseling kelom- pok terhadap perilaku interaksi sosial disosiatif siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Ungaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen one group pre-test post-test design. Penelitian ini dilaksanakan enam kali pertemuan dengan jum- lah subjek penelitian 8 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengu- nakan skala interaksi sosial disosiatif kepada siswanya secara langsung. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perubahan setelah pemberian treatment konseling kelompok, yaitu dari analisis data perhitungan tabel uji Wilcoxon, jumlah jenjang yang terkecil atau T hitung nilainya adalah 0. Sedan- gkan Ttabel untuk n=4 dengan taraf kesalahan 5% adalah 4. Maka dapat diketa- hui bahwa nilai (T hitung < TTtabel atau 0 < 4), hal ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya pengaruh konseling kelompok terhadap perilaku interaksi sosial disosiatif siswa.

Item Type: Article
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling > Group Counseling
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:25
Last Modified: 03 Aug 2022 02:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44410

Actions (login required)

View Item View Item