HUBUNGAN KETERAMPILAN DASAR KONSELING DENGAN MINAT SISWA MENGIKUTI KONSELING INDIVIDU


Kusnarto, Kurniawan and Fitriana, Mahadhita (2017) HUBUNGAN KETERAMPILAN DASAR KONSELING DENGAN MINAT SISWA MENGIKUTI KONSELING INDIVIDU. Internasional Journal of Counseling and Education, 6 (2). pp. 56-62. ISSN 2548 - 348x

[thumbnail of 16741-Article Text-32963-1-10-20170818 - AGUS BUDIARDJO.pdf] PDF
Download (553kB)

Abstract

Minat merupakan faktor penting siswa mengikuti layanan konseling individu.Mi- nat siswa dalam mengikuti konseling individu dapat dipengaruhi oleh keterampilan dasar konseling yang dikuasai konselor.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui- hubungan antara keterampilan dasar konseling dengan minat siswa mengikuti lay- anan konseling individu di SMA Negeri 1 Godong. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Godong yang pernah mengikuti layanan konseling individu yang berjumlah 55 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala minat dan skala persepsi siswa terhadap keterampilan dasar konseling yang dikuasai konselor. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan dasar konseling termasuk dalam kategori tinggi (75,49%) dan minat siswa mengikuti layanan konseling individu ter- masuk kategori tinggi (79,31%). Serta ada hubungan yang signifikan antara keter- ampilan dasar konseling dengan minat siswa mengikuti layanan konseling individu.

Item Type: Article
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: setyarini unnes
Date Deposited: 04 Aug 2021 01:53
Last Modified: 04 Aug 2021 01:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44408

Actions (login required)

View Item View Item