Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Kolaborasi STAD dan TGT Pada Pokok Bahasan Kalor Kelas VIII Semester I SMPN 24 Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006.

Arif Widiyatmoko, 2006 (2006) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Kolaborasi STAD dan TGT Pada Pokok Bahasan Kalor Kelas VIII Semester I SMPN 24 Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Kolaborasi STAD dan TGT Pada Pokok Bahasan Kalor Kelas VIII Semester I SMPN 24 Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006.) - Published Version
Download (20Kb)

    Abstract

    Arif Widiyatmoko. 2006. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Kolaborasi STAD dan TGT Pada Pokok Bahasan Kalor Kelas VIII Semester I SMPN 24 Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006. Skripsi. Jurusan Fisika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dra. Dwi Yulianti, M.Si, Pembimbing II Drs. Sri Hendratto. Berdasarkan hasil observasi awal dikelas VIII C SMPN 24 Semarang menunjukkkan hasil belajar Fisika masih rendah, hal ini dapat ditunjukkan dari nilai rata-rata ulangan pokok bahasan Pemuaian adalah 57,4 dengan ketuntasan hasil belajar 32,6%. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah menerapkan pembelajaran kooperatif kolaborasi STAD dan TGT pada pokok bahasan Kalor sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar Fisika siswa kelas VIII C SMPN 24 Semarang tahun pelajaran 2005/2006. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus dengan materi yang berbeda, setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 24 Semarang tahun pelajaran 2005/2006. sampel diambil secara purposive sampling. Dari populasi sebanyak 5 kelas diambil 1 kelas sebagai sampel karena kelas tersebut adalah kelas yang mempunyai rata-rata nilai yang rendah dibandingkan dengan kelas yang lain. Data hasil belajar kognitif diperoleh dari tes evaluasi tiap akhir siklus, data hasil belajar afektif dan psikomotorik diperoleh dari hasil observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan pembelajaran kooperatif kolaborasi STAD dan TGT hasil belajar siswa meningkat disetiap siklus. Hasil belajar kognitif siklus I diperoleh nilai rata-rata 72,7 dengan ketuntasan belajar yang dicapai 81%, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 78,5 dengan ketuntasan belajar yang dicapai 93%. Hasil belajar afektif siklus I dengan ketuntasan belajar yang dicapai 65%, pada siklus II dengan ketuntasan belajar yang dicapai 88%. Hasil belajar psikomotorik siklus I dengan ketuntasan belajar yang dicapai 60,5%, pada siklus II dengan ketuntasan belajar yang dicapai 83,7%. Siswa juga antusias terhadap pembelajaran menggunakan pembelajaran kooperatif kolaborasi STAD dan TGT, hal ini sesuai dengan hasil wawancara dari beberapa siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penerapan pembelajaran kooperatif kolaborasi STAD dan TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena pembelajaran kooperatif kolaborasi STAD dan TGT dapat diterapkan pada konsep lain ataupun pada mata pelajaran lain, tetapi dengan perbaikan pada proses pembelajarannya dan guru harus lebih memotivasi siswa terutama untuk lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran pada saat diskusi kelompok dan permainan berlangsung.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Kolaborasi STAD dan TGT, Hasil belajar.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 22 Sep 2011 21:27
    Last Modified: 22 Sep 2011 21:27

    Actions (login required)

    View Item