Uji Keefektifan CD Pembelajaran Interaktif Kimia dengan Program Flash Pada Pokok Materi Laju dan Orde Reaksi di Kelas XI IPA Semester I Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Semarang Tahun Ajaran 2005/2006.


Dita Ayudya, 2006 (2006) Uji Keefektifan CD Pembelajaran Interaktif Kimia dengan Program Flash Pada Pokok Materi Laju dan Orde Reaksi di Kelas XI IPA Semester I Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Semarang Tahun Ajaran 2005/2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Uji Keefektifan CD Pembelajaran Interaktif Kimia dengan Program Flash Pada Pokok Materi Laju dan Orde Reaksi di Kelas XI IPA Semester I Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Semarang Tahun Ajaran 2005/2006.]
Preview
PDF (Uji Keefektifan CD Pembelajaran Interaktif Kimia dengan Program Flash Pada Pokok Materi Laju dan Orde Reaksi di Kelas XI IPA Semester I Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Semarang Tahun Ajaran 2005/2006.) - Published Version
Download (25kB) | Preview

Abstract

Dita Ayudya. 2006. Uji Keefektifan CD Pembelajaran Interaktif Kimia dengan Program Flash Pada Pokok Materi Laju dan Orde Reaksi di Kelas XI IPA Semester I Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Semarang Tahun Ajaran 2005/2006. Skripsi. Jurusan Pendidikan Kimia. Program Pendidikan Kimia S-1. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing : I. Prof. Dr. Sarosa Purwadi, II. Drs. Kusoro Siadi, M.Si. Kata Kunci : CD pembelajaran, Program Flash, Laju reaksi. Kurikulum 2004 berbasis kompetensi, khususnya pada mata pelajaran kimia masih ditemukan beberapa kendala, diantaranya proses belajar mengajar masih menggunakan metode konvensional (ceramah) dan kurangnya media pembelajaran kimia yang mampu mendukung siswa untuk menjadikannya subjek dalam pembelajaran. Akibatnya kondisi belajar yang kurang menarik dan pada akhirnya siswa menjadi kurang berminat akan pelajaran kimia itu sendiri. Di sini penulis ingin memberikan suatu solusi, yakni dengan pembuatan CD pembelajaran interaktif kimia dengan program flash, sehingga siswa dapat lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Kemudian dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas dari CD pembelajaran interaktif kimia tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA semester I di sekolah menengah atas negeri 3 Semarang, tahun ajaran 2005/2006, kelas XI IPA 9 sebagai kelompok eksperimen. Variabel dalam penelitian ini, diantaranya adalah variabel bebas yaitu CD pembelajaran interaktif kimia dengan program flash, pokok materi laju dan orde reaksi dan variabel terikat yaitu prestasi belajar siswa kelas XI IPA semester I di sekolah menengah atas negeri 3 Semarang tahun ajaran 2005/2006. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes. Penelitian dilakukan dengan cara melaksanakan kegiatan belajar mengajar, bahan ajar kimia menggunakan CD pembelajaran interaktif kimia program flash, pokok materi laju dan orde reaksi di laboratorium komputer, kemudian dilakukan tes teoritik pokok materi laju dan orde reaksi. Dengan data nilai tes teoritik tersebut dapat diketahui efektifitas CD pembelajaran interaktif kimia terhadap prestasi belajar siswa. Uji keefektifan pada penelitian didapatkan bahwa prosentase ketuntasan belajar kelas sebesar 86,36 %, prosentase yang lebih tinggi dari prosentase standar minimal ketuntasan belajar kelas yang sebesar 85 %. Ini menunjukkan bahwa CD pembelajaran interaktif kimia tersebut efektif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah CD pembelajaran interaktif kimia, pokok materi laju dan orde reaksi menggunakan program flash merupakan CD pembelajaran yang efektif dipergunakan dalam proses belajar mengajar kelas XI IPA semester I di sekolah menengah atas negeri 3 Semarang, tahun ajaran 2005/2006. Beberapa kelebihan dari CD pembelajaran kimia dengan komputer ini diantaranya adalah kemasan materi yang cukup menarik, informasi berupa data dan grafik yang cukup mendukung, guru dalam menyampaikan materi lebih mudah dan dapat menumbuhkan kemandirian dalam diri siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CD pembelajaran, Program Flash, Laju reaksi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 23 Sep 2011 01:25
Last Modified: 23 Sep 2011 01:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4434

Actions (login required)

View Item View Item