Pengaruh Budaya Keluarga dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi.


Farikha Indah Cahyani, - and Widiyanto, FE Pendidikan Ekonomi (2019) Pengaruh Budaya Keluarga dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 8 (3). pp. 1115-1129. ISSN 2252-6544

[thumbnail of Pengaruh Budaya Keluarga dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi.pdf] PDF - Published Version
Download (340kB)
[thumbnail of Review Pengaruh Budaya Keluarga dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi.pdf] PDF - Published Version
Download (565kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh budaya keluarga dan karakteristik wirausaha terhadap minat berwirausaha. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2015 yang telah menempuh mata kuliah kewirausahaan, yakni sejumlah 904 mahasiswa. Sampel pada penelitian ini sebanyak 277 mahasiswa yang diambil menggunakan rumus Slovin dengan teknik proportionate random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis statistic inferensial, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan budaya keluarga dengan minat berwirausaha, ada pengaruh positif dan signifikan karakteristik wirausaha dengan minat berwirausaha, ada pengaruh positif dan signifikan budaya keluarga dan karakteristik wirausaha secara bersamasama dengan minat berwirausaha. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa budaya keluarga jika meningkat satu poin maka minat brwirausaha akan meningkat sebesar 0,219 dan karakteristik wirausaha jika meningkat satu poin maka minat berwirausaha akan meningkat sebesar 0,500 pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi angkatan 2015.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Entrepreneurial Characteristics, Entrepreneurial Interest, Family Culture
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Entrepreneurship
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > family environment
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 24 Jun 2021 03:18
Last Modified: 24 Jun 2021 03:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44314

Actions (login required)

View Item View Item