Pengaruh Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar, dan Motivasi Mahasiswa terhadap Kesiapan Menjadi Guru


Khofiya Nur Fauziyah, - and Widiyanto, FE Pendidikan Ekonomi (2019) Pengaruh Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar, dan Motivasi Mahasiswa terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 8 (2). pp. 620-634. ISSN 2252-6544

[thumbnail of Pengaruh Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar, dan Motivasi Mahasiswa terhadap Kesiapan Menjadi Guru.pdf] PDF - Published Version
Download (232kB)
[thumbnail of Review Pengaruh Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar, dan Motivasi Mahasiswa terhadap Kesiapan Menjadi Guru.pdf] PDF - Published Version
Download (550kB)

Abstract

Kesiapan menjadi guru adalah kesiapan seseorang yang telah memiliki bekal yang cukup untuk melaksanakan pengajaran dengan segala kompetensi yang dimilikinya. Berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2013 tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan lingkungan keluarga, prestasi belajar, dan motivasi mahasiswa terhadap kesiapan menjadi guru mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2013, baik secara simultan maupun parsial. Metode analisis yang digunakan adalah analisis ststistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini diperoleh analisis deskriptif kesiapan menjadi guru termasuk dalam kategori rendah, lingkungan keluarga termasuk dalam kategori tinggi, prestasi belajar termasuk dalam kategori sangat memuaskan, dan motivasi mahasiswa termasuk dalam kategori rendah. Lingkungan keluarga, prestasi belajar, dan motivasi mahasiswa secara simultan berpengaruh terhadap kesiapan menjadi guru mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2013 dengan kontribusi sebesar 51,4%, secara parsial lingkungan keluarga berpengruh terhadap kesiapan menjadi guru sebesar 26,42%, prestasi belajar berpengaruh terhadap kesiapan menjadi guru sebesar 6,86%, dan motivasi mahasiswa berpengaruh terhadap kesiapan menjadi guru sebesar 23,52% terhadap mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2013.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Family environment; Learning Achievment; Readiness to become Teacher; Student Motivation
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > family environment
L Education > L Education (General) > motivation to learn
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 24 Jun 2021 03:14
Last Modified: 24 Jun 2021 03:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44313

Actions (login required)

View Item View Item