Keefektifan media papan pelangi bermuatan karakter terhadap hasil belajar matematika SD
Elok Fariha, Sari (2020) Keefektifan media papan pelangi bermuatan karakter terhadap hasil belajar matematika SD. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Pendidikan 2020 “Hari Guru Bangkitkan Semangat, Wujudkan Merdeka Belajar”. pp. 139-144. ISSN 978-602-0747-27-9
![]() |
PDF
Download (13MB) |
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk menguji keefektifan media papan pelangi bermuatan karakter terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN Gugus Ikan Mas Kecamatan Semarang Utara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis penelitian yang digunakan ialah eksperimendan desain nonequivalent control groupdesign. Teknik sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, dengan sampel sebanyak 128 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung˃ttabel (2,128˃ 2,037) yang berarti media papan pelangi bermuatan karakter lebih efektif terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV. Hasil uji n-gain kelas eksperimen yaitu 0,734 dengan kriteria tinggi sedangkan uji n-gain dikelas kontrol adalah 0,481 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini yaitu media papan pelangi bermuatan karakter efektif digunakan pada pembelajaran Matematika siswa kelas IV SDN Gugus Ikan Mas Kecamatan Semarang Utara.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Papan Pelangi, Karakter, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 07:58 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 07:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44234 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |