Keefektifan media papan pelangi bermuatan karakter terhadap hasil belajar matematika SD


Sari, Elok Fariha (2020) Keefektifan media papan pelangi bermuatan karakter terhadap hasil belajar matematika SD. "PROSIDING WEB SEMINAR NASIONAL DALAM RANGKA HARI GURU “Hari Guru Bangkitkan Semangat, Wujudkan Merdeka Belajar”", 1 (1). pp. 139-144.

[thumbnail of Prosiding Webinar FIP 2020 - Elok Fariha Sari.pdf] PDF
Download (13MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk menguji keefektifan media papan pelangi bermuatan karakter terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN Gugus Ikan Mas Kecamatan Semarang Utara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis penelitian yang digunakan ialah eksperimendan desain nonequivalent control groupdesign. Teknik sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, dengan sampel sebanyak 128 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung˃ttabel (2,128˃ 2,037) yang berarti media papan pelangi bermuatan karakter lebih efektif terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV. Hasil uji n-gain kelas eksperimen yaitu 0,734 dengan kriteria tinggi sedangkan uji n-gain dikelas kontrol adalah 0,481 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini yaitu media papan pelangi bermuatan karakter efektif digunakan pada pembelajaran Matematika siswa kelas IV SDN Gugus Ikan Mas Kecamatan Semarang Utara.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Papan Pelangi, Karakter, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:18
Last Modified: 03 Aug 2022 02:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44221

Actions (login required)

View Item View Item