Efektivitas pendekatan problem posing dengan media papan Hooks terhadap hasil belajar kimia kelas X semester 2 SMA 12 Semarang tahun pelajaran 2005 / 2006 pokok materi Hidrokarbon

Ika Fatmawati, 2006 (2006) Efektivitas pendekatan problem posing dengan media papan Hooks terhadap hasil belajar kimia kelas X semester 2 SMA 12 Semarang tahun pelajaran 2005 / 2006 pokok materi Hidrokarbon. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Efektivitas pendekatan problem posing dengan media papan Hooks terhadap hasil belajar kimia kelas X semester 2 SMA 12 Semarang tahun pelajaran 2005 / 2006 pokok materi Hidrokarbon) - Published Version
Download (21Kb)

    Abstract

    Fatmawati, Ika. Efektivitas pendekatan problem posing dengan media papan Hooks terhadap hasil belajar kimia kelas X semester 2 SMA 12 Semarang tahun pelajaran 2005 / 2006 pokok materi Hidrokarbon Kata Kunci: Problem posing, papan Hooks, hasil belajar Berdasarkan pengamatan guru mata pelajaran kimia kelas I hanya sedikit siswa yang dinyatakan tuntas dalam belajarnya, apabila ada yang mendapatkan nilai yang baik terbatas pada siswa yang pandai. Keaktifan siswa dalam pembelajaran selama ini masih kurang, sehingga siswa kurang memahami materi yang disampaikan yang pada akhirnya sangat berpengaruh pada hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pendekatan problem posing dengan media papan hooks terhadap hasil belajar kimia kelas X semester 2 SMA 12 Semarang tahun pelajaran 2005 / 2006 pokok materi hidrokarbon secara efektif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA 12 Semarang tahun pelajaran 2005/2006 sebanyak 7 kelas. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Kelas X-1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelompok kontrol. Penelitian yang berbasis tindakan kelas ini secara kuantitas terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus ke siklus. Hasil analisis data pada siklus pertama siswa yang tuntas 48.84%, siklus kedua siswa yang mencapai ketuntasan 86.05%, siklus ketiga siswa yang tuntas 95.35%, dan pada post test siswa yang mencapai ketuntasan belajar mencapai 90.7%. Rata-rata kelas pada siklus I adalah 6.34 , siklus II meningkat menjadi 7.27, siklus III meningkat menjadi 7.76, dan rata-rata kelas hasil post test post test adalah 7.91. Hasil belajar siswa aspek afektif dan psikomotorik juga mengalami peningkatan, begitu juga keaktifan siswa dalam pembelajaran. Hasil uji ketuntasan belajar dengan uji t diperoleh thitung sebesar 9.195, hasil ini lebih besar dari ttabel (1.68) yang berarti pembelajaran dapat dikatakan tuntas. Hasil uji estimasi rata-rata didapatkan bahwa nilai rata-rata siswa pada rentangg 7.65-8.16. Hasil uji proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 82%-99%. Dari berbagai uji ini membuktikan bahwa penerapan pendekatan problem posing dengan media papan Hooks efektif terhadap hasil belajar siswa. Simpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan problem posing dengan media papan hooks efektif terhadap hasil belajar kimia kelas X semester 2 SMA 12 Semarang pokok materi hidrokarbon. Saran yang dapat diberikan yaitu hendaknya dilakukan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan pendekatan ini baik untuk pokok materi hidrokarbon maupun untuk materi yang lainnya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Problem posing, papan Hooks, hasil belajar
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QD Chemistry
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 22 Sep 2011 20:54
    Last Modified: 22 Sep 2011 20:54

    Actions (login required)

    View Item